Tanda-tanda Awal Kehamilan

Untuk wanita yang sudah menikah, tentunya ingin secepatnya hamil. Tetapi terkadang gejala PMS, atau gejala yang muncul sebelum menstruasi hampir mirip dengan gejala awal kehamilan. Sehingga menimbulkan rasa kecewa mengira diri hamil, padahal nyatanya akan menstruasi.

Tetapi ada juga yang ternyata hamil, tidak mengetahuinya. Memang, tanda-tanda kehamilan pada tiap orang tidaklah sama. Padahal awal kehamilan adalah saat terpenting dan harus dijaga hati-hati. Sebagai pengetahuan, berikut ini beberapa gejala awal yang muncul pada awal kehamilan.

1. Pembengkakan Pada Payudara

Hal yang pertama terjadi adalah pembengkakan pada payudara. Hal ini dikarenakan pada awal kehamilan, payudara akan mengisi dan berubah bentuk karena membersiapkan diri untuk menghasilkan ASI.

2. Perubahan Warna Pada Areola (Lingkaran Sekitar Puting)

Perubahan warna pada Areola menjadi lebih lebar dan gelap pada awal kehamilan. Hal ini terjadi karena adanya perubahan hormon yang berarti payudara tengah mempersiapkan diri untuk menyusui.

3. Lebih Sering Buang Air Kecil dan Sering Sembelit (Konstipasi)

Pada awal kehamilan, calon ibu akan lebih sering buang air kecil karena pada masa ini janin yang tumbuh di rahim akan menekan kandung kemih. Kandung kemih juga lebih cepat penuh dengan urine. Selain menjadi sering buang air kecil, calon ibu juga sering mengalami sembelit. Sembelit ini terjadi karena adanya peningkatan hormon progesterone yang mengendurkan otot-otot rahim yang juga berdampak pada mengendurnya otot dinding usus.

4. Menjadi Mudah Lelah

Pada awal kehamilan, calon ibu akan lebih cepat lelah dan ingin bermalas-malasan. Ini adalah dampak tubuh yang sedang menyesuaikan diri dengan adanya janin di rahim.

5. Sering Muntah (Mual)

Sering muntah dan mual adalah hal yang sering terjadi pada masa awal kehamilan. Ada yang menyebutnya masa ngidam. Mual-mual ini terjadi karena adanya peningkatan hormon HCG (Human Chorionic Gonadotrophin). Hormon HCG ini menyebabkan efek pedih pada lapisan perut sehingga menimbulkan gejala mual.

6. Lebih Sensitif Terhadap Bau Menyengat

Sering kali pada masa awal kehamilan, calon ibu akan lebih sensitif terhadap bau-bau tertenu.

7. Tidak Mendapatkan Menstruasi

Hal paling pokok pada awal kehamilan adalah tidak mengalami datang bulan (menstruasi). Tetapi tidak semua terlambat datang bulan dikarenakan hamil. Karena menstruasi juga dipengaruhi oleh gangguan hormonal dan stress.

8. Sering Pusing

Sering pusing juga menjadi tanda awal kehamilan. Pusing ini disebabkan karena faktor kelelahan, mual, lapar, dan rendahnya tekanan darah.

9. Sering Sakit Punggung

Sering sakit punggung akan dialami oleh calon ibu pada awal kehamilan. Sakit punggung ini karena semakin membesarnya janin, semakin berat membuat terjadinya perubahan pusat gravitasi sehingga terjadi penambahan beban otot punggung.

10. Mood Berubah-ubah

Wanita hamil sering berubah mood. Hal ini karena tubuh sedang menyesuaikan diri dengan kehadiran hormon baru.

Terima kasih sudah membaca artikel Tanda-tanda Awal Kehamilan, Semoga bermanfaat

sakit pinggang tanda awal kehamilan , gejala awal kehamilan pertama sebelum datang haid , sakit pinggang di awal kehamilan , sakit pinggang tanda hamil , sakit pinggang awal kehamilan , sakit pinggang tanda awal hamil , tanda awal kehamilan , tanda awal kehamilan sakit pinggang , sembelit tanda hamil , gejala awal kehamilan , gejala awal kehamilan sebelum terlambat haid , tanda-tanda awal kehamilan , APAKAH SAKIT PINGGANG TANDA HAMIL , awal kehamilan sakit pinggang , sakit pinggang apakah tanda hamil
eXTReMe Tracker