Eratkan Hubungan Dengan Memasak Bersama Anak

Dilema sebagai ibu yang bekerja tentu saja sering kehilangan waktu bersama anak-anak. Saat pagi sampai sore bahkan terkadang sampai malam hari waktu habis untuk bekerja. Sudah banyak yang membuktikan, kurangnya waktu bersama anak akan membuat jarak yang tidak terlihat antara ibu dan anak.

Tidak perlu khawatir, cobalah sesekali mengajak anak-anak memasak bersama di dapur. Memasak bersama anak di dapur adalah salah satu kegiatan yang baik. Ini adalah cara yang mudah dan efektif selain menghabiskan waktu untuk liburan ke suatu tempat, yang notabene harus dengan jadwal, budget, dan persiapan yang banyak.

Seorang ahli anak dan nutrisi dari University of Miami’s Centre untuk pengembangan anak, Sheah Rarback mengatakan bahwa waktu di dapur bersama anak terbukti dapat membangun ikatan keluarga yang kuat.

Berikut ini adalah langkah-langkah untuk memasak bersama anak agar nyaman, aman dan menyenangkan.

1. Memilih Waktu Yang Tepat

Waktu yang anda pilih usahakan saat anda tidak memiliki jadwal kerja. Bisa pilih liburan akhir pekan. Hal ini bertujuan agar anda dan anak dapat melakukannya secara perlahan, leluasa, dan tidak diburu waktu. Selain itu, pastikan juga anak anda tidak dalam kondisi yang kurang sehat dan telah beristirahat dengan baik.

2. Mulailah Dengan Menu Yang Sederhana

Sebelum mulai memasak, biarkan anak anda memilih menu yang ingin dimasak. Mulailah dengan menu-menu sederhana yang mudah dimasak. Kalau sudah terbiasa, dapat anda naikkan levelnya dengan memilih menu yang lebih menantang.

3. Ciptakan Suasana Yang Menyenangkan

Saat memasak dengan anak, pilihlah peralatan makan dengan motif lucu dan warna-warna yang ceria. Biarkan anak memilih celemeknya sendiri. Jangan lupa untuk mengabadikannya dengan berfoto bersama.

4. Menjaga Keamanan

Mengajak anak masak bersama di dapur berarti juga anda harus menjaganya lebih ekstra. Jauhkan anak dari benda-benda berbahaya seperti mixer, panci panas, dan kompor. Saat anak sudah bisa menggunakan pisau tetap harus diperhatikan.

5. Makan Bersama

Saat semua masakan sudah siap dihidangkan, ajaklah semua anggota keluarga untuk makan bersama dan mencicipi masakan yang anda buat dengan anak. Momen inilah yang paling menyenangkan. Kalaupun kurang enak, bukanlah masalah. Tapi kebersamaan yang lebih utama.

Terima kasih sudah membaca artikel Eratkan Hubungan Dengan Memasak Bersama Anak, Semoga bermanfaat

eXTReMe Tracker