10 Cara Untuk Memiliki Kulit Yang Sehat

Seorang make up artist yang telah mendandani ratusan bahkan ribuan orang, mulai dari model, selebriti, pejabat hingga orang biasa, Qiqi Franky mengatakan bahwa cantik itu datang dari kulit yang sehat.

Qiqi mengatakan, “Motoku adalah beautiful make-up come from beautiful skin. Kalau kulit kita udah bagus dan sehat, kita cuma mau memakai make-up seminimal mungkin itu sudah bagus,” ujarnya.

Nah, untuk mengetahui bagaimana cara untuk memiliki kulit sehat ada beberapa tips yang dapat anda terapkan di rumah.

Cara untuk memiliki kulit sehat, diantaranya :

1. Mandi

Jangan sepelekan mandi. Mandi itu penting untuk menjaga kesehatan kulit karena mandi merupakan dasar dari kesehatan dan kebersihan. Lakukanlah dua kali dalam sehari.

2. Makan Makanan Yang Bergizi

Makan makanan bergizi empat sehat lima sempurna membuat tubuh menjadi sehat yang akan sekaligus membuat kita memiliki kulit yang sehat. Makanan bergizi termasuk di dalamnya adalah buah dan sayuran. Cukup rajin mengkonsumsi paling tidak 3 jenis buah dan sayuran setiap hari akan membuat kulit menjadi sehat.

Menurut penelitian, wortel, kubis, dan buah kiwi dapat membuat kulit Anda tampak sehat hanya dalam beberapa minggu. Para peneliti menghitung bahwa 2,9 porsi buah dan sayuran dalam sehari selama enam minggu, cukup untuk membuat orang terlihat lebih sehat. Sedangkan 3,3 porsi akan meningkatkan menjadi daya tarik tersendiri.

3. Banyak Minum Air Putih

Anjuran untuk meminum 8 gelas air putih sehari membantuk menyehatkan kulit. Manfaatnya antara lain, mencegah dehidrasi, membantu proses pencernaan makanan dan membuang racun-racun dalam tubuh, serta membuat kita lebih fresh. Itu semua akan berdampak positif untuk memiliki kulit sehat.

4. Jangan Tidur Larut Malam

Hindarilah tidur lewat tengah malam. Begadang menyebabkan kulit kehilangan kesempatan meregenerasi dengan baik. Hormon melatonin yang bertugas memperbaiki sel kulit yang rusak, bekerja maksimal pukul 24.00 – 04.00 dini hari. Jadi, pastikan Anda sudah benar-benar terlelap saat itu.

5. Menggunakan Serum Vitamin Kulit

Untuk memiliki kulit sehat salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah menggunakan serum vitamin C dan E. Serum vitamin C dan E dapat memberikan nutrisi pada kulit wajah, dengan tercukupinya nutrisi pada kulit wajah, kamu akan terhindar dari masalah kulit dan memiliki kulit yang sehat.

Manfaat serum vitamin C dan E antara lain:

- Sebagai antioksidan kuat yang melindungi kulit terhadap pengaruh negatif faktor luar seperti polusi, matahari, iklim, AC, asap rokok.
- Merangsang pembentukan kolagen kulit, yang akan menjaga kekenyalan, kelenturan serta kehalusan kulit (anti aging dan anti wrinkle / kerut).
- Mencerahkan kulit, tanpa efek samping yang merugikan.
- Water holder (menyimpan air).
- Membuat kulit tidak kering,
- Melembabkan kulit.
- Menghilangkan flek hitam.
- Perawatan dengan serum vitamin C sebelum tindakan laser, akan mempercepat dan menyempurnakan hasil pasca laser.
- Dengan sifatnya yang merangsang pembentukan kolagen di bawah kulit, serum vitamin C sangat baik dipakai orang yang mempunyai flek sangat tebal di kulit.

6. Lakukan Peeling

Peeling wajah atau pengelupasan sel kulit mati wajah sebaiknya rutin dilakukan agar kulit wajah selalu tampak sehat, bersih, dan terawat. Sel kulit kita akan mati dan berganti setiap 28 hari. Namun bila sel kulit mati tidak terangkat, maka regenerasi kulit baru akan terhambat. Kulit mati yang menumpuk akan membuat wajah terlihat kusam, berjerawat, dan tata rias tidak akan menyatu dengan kulit wajah yang sesungguhnya.

7. Menggunakan Tabir Surya

Paparan berlebihan terhadap sinar ultraviolet dapat menyebabkan masalah pada kulit wajah dan iritasi yang tidak diinginkan. Melanin pada kulit bisa meningkat dan menyebabkan pigmentasi, serta dapat menyebabkan penuaan dini, garis-garis halus, keriput, dan kulit kasar. Hindari sinar matahari antara pukul 10.00-15.00 waktu setempat, karena sinar UV pada jam berikut memiliki intensitas maksimum yang dapat menggelapkan kulit Anda. Itu sebabnya, untuk memiliki kulit sehat, terlindung, dan merawat kulit jangan lupa oleskan tabir surya pada kulit. Tabir surya yang mencakup UVA & UVB dari setiap SPF di atas 15 harus diterapkan 20-30 menit sebelum pergi keluar rumah kepada semua daerah pada kulit Anda.

8. Jangan lupa berolahraga

Dengan berolah raga, peredaran darah dalam tubuh menjadi lancar. Termasuk juga adalah tercukupinya suplai makanan dan udara pada setiap organ tubuh manusia, termasuk kulit.

Selain itu, dengan berolah raga, terjadi proses pengeluaran sisa-sisa metabolisme tubuh melalui keringat. Keringat sendiri bersama-sama kelenjar lemak membentuk keasaman kulit pada pH 5 hingga 6,5. Dengan berolah raga maka fungsi kulit yang antara lain sebagai sekresi dan pengatur suhu tubuh bekerja dengan baik.

9. Menghindari kebiasaan buruk

Salah satu kebiasaan buruk yang harus ditinggalkan antara lain merokok dan minum minuman keras. Nikotin yang terdapat pada asap rokok serta alkohol bisa merusak seluruh organ tubuh Anda, termasuk kulit.

Nikotin, misalnya, akan merusak kolagen. Padahal kolagen adalah faktor utama dalam sistem pendukung yang penting untuk kelangsungan hidup setiap sel dalam tubuh. Bagian inilah yang dalam tubuh kita beradaptasi pertama kali dalam setiap perubahan pada lingkungan, misalnya pada perubahan suhu, makanan, infeksi, hingga keracunan.

10. Hindari stres

Stres menimbulkan penuaan dini dan membuat kulit berada pada kondisi yang tidak normal dan berjerawat. Ketegangan emosional dapat menyebabkan dahi berkerut sehingga menimbulkan garis-garis dan kerut permanen.

Terima kasih sudah membaca artikel 10 Cara Untuk Memiliki Kulit Yang Sehat, Semoga bermanfaat

eXTReMe Tracker