Fakta-fakta Yang Wajib Diketahui Tentang Mencuci Rambut

Apakah anda mendambakan memiliki rambut yang mengembang dan lebih lembut dari sebelumnya? Inilah saatnya anda harus mengetahui lebih dalam lagi tentang fakta-fakta saat mencuci rambut atau sering disebut keramas.

Keramas adalah perawatan terhadap rambut dengan melakukan aktivitas mencuci rambut dan kulit kepala menggunakan shampoo atau produk pembersih lain dengan mencampurnya dengan air dan memijat secara lembut kulit kepala dengan selanjutnya dibilas menggunakan air sampai bersih. Keramas bertujuan untuk menghilangkan kotoran seperti debu, kotoran bekas keringat yang menempel di kulit kepala, dan ketombe.

Berikut ini fakta-fakta yang wajib diketahui tentang mencuci rambut (keramas).

1. Memilih Jenis Shampoo Yang Tepat

Memilih shampoo sangat berpengaruh untuk kesehatan rambut anda. Bila anda memiliki jenis rambut yang tebal, pilihlah shampoo dengan pelembab. Bila memiliki rambut yang tipis gunakanlah shampoo yang membuat rambut anda mengembang (volumizing shampoo). Jenis shampoo ini mengandung protein yang membuat rambut terlihat lebih berisi atau tebal. Apabila dipakai untuk mencuci rambut terlalu sering maka akan terjadi penumpukan residu atau sisa shampoo sehingga mengakibatkan rambut terlihat tidak bersih.

Sedangkan bila memiliki rambut yang diwarnai dan dikeriting gunakan shampoo yang dibuat khusus untuk rambut yang dicat atau diberi warna atau dikeriting untuk mencuci rambut. Hal ini dikarenakan rambut cukup menderita dengan masuknya cairan kimia hingga ke akar rambut dan hal ini bisa memengaruhi kondisi kesehatan rambut. Shampoo jenis ini lebih lembut sehingga cocok untuk rambut yang telah melalui proses kimiawi.

2. Menggunakan clarifying shampoo

Bila anda merasakan hal yang tidak nyaman pada kulit kepala misalnya rambut yang terasa sangat kering dan melihat tumpukan kotoran pada kulit kepala, segeralah mencuci rambut anda dengan menggunakan clarifying shampoo.

Clarifying shampoo adalah jenis shampoo yang berfungsi untuk membersihkan secara menyeluruh. shampoo jenis ini biasanya menggandung acid atau asam yang didapat dari apel, lemon atau cuka yang berfungsi untuk menghilangkan residu atau sisa produk perawatan semacam creambath, busa untuk rambut (foam), hairspray, lilin rambut (wax), jelly rambut (gel), dan produk lainnya yang tertinggal di kulit kepala.

Jenis shampoo ini sangat cocok digunakan mencuci rambut saat rambut akan melalui proses kimiawi agar rambut dan kulit kepala benar-benar bersih dengan tujuan proses kimiawi yang digunakan pada pengeritingan atau pewarnaan dapat diserap dengan baik. Karena unsur asam mengurangi minyak maka jenis shampoo ini dapat membuat rambut menjadi kering jika digunakan terlalu sering dan disarankan untuk menggunakannya mencuci rambut paling banyak dalam jangka waktu satu kali seminggu .

3. Memijat Shampoo Ke Kulit Kepala

Memijat shampoo ke kulit kepala saat mencuci rambut dapat meningkatkan sirkulasi darah di kulit kepala yang dapat membantu meningkatkan pertumbuhan rambut. Ini merupakan bagian terpenting yang sering diabaikan karena lebih sering kita berkonsentrasi pada helai rambut saja. Saat mencuci rambut, lakukan gosokan dengan ujung jari, bukan dengan kuku yang justru akan merusak kulit kepala. Jika Anda termasuk yang memiliki kulit kepala berminyak, jangan menggosok terlalu keras saat mencuci rambut karena akan merangsang produksi minyak yang berlebih. Setelah kulit kepala, lanjutkan dengan membersihkan batang rambut dan helai rambut hingga ujungnya.

4. Mencuci Rambut Dengan Menggunakan Air Hangat Kuku

Mencuci rambut (keramas) menggunakan air hangat kuku ini berfungsi untuk membantu membersihkan kotoran dan minyak yang melekat pada helai rambut. Pastikan seluruh bagian rambut dan kulit kepala tersiram dengan baik. Setelah itu bilas dengan air dingin. Air dingin membuat kutikula rambut mengunci kelembapan dan kilau.

5. Menggunakan Shampoo Secukupnya Saja

Saat mencuci rambut (keramas) Anda tidak perlu menggunakan shampoo terlalu banyak. Menggunakan shampoo terlalu banyak akan membuat busa tambahan yang dapat membuat Anda sulit memijatkan ke kulit kepala.
Tuangkan shampoo secukupnya pada tangan dan gosok hingga berbusa. Baru kemudian dibubuhkan pada seluruh rambut. Mengapa harus dituang di tangan, sebenarnya simpel saja, yaitu agar konsentrasi formula pada shampoo dapat merata di seluruh bagian rambut.

6. Menggunakan Conditioner

Setelah mencuci rambut (keramas) menggunakan shampoo lalu bilas dan dilanjutkan dengan menggunakan conditioner pada rambut. Pastikan tidak ada shampoo yang tertinggal di kulit kepala, karena akan menyebabkan kulit kepala kering dan gatal-gatal. Apakah rambut berminyak juga memerlukan conditioner? Sebenarnya, bukan rambut yang memiliki jenis berminyak, tetapi kulit kepalanya. Jadi, oleskan saja setelah keramas, toh, conditioner digunakan pada helai rambut, bukan pada kulit kepala. Diamkan beberapa saat, kemudian bilas menggunakan air dingin untuk menutup kembali folikel rambut.

Terima kasih sudah membaca artikel Fakta-fakta Yang Wajib Diketahui Tentang Mencuci Rambut, Semoga bermanfaat

eXTReMe Tracker