Mari Mengenal Jenis-Jenis Bedak

Setiap wanita pasti tau dong bedak. Bedak merupakan make up dasar yang penting, yang berfungsi untuk membuat wajah tampak lebih segar dan halus, menghilangkan kilap dan menutupi ketidaksempurnaan pada wajah seperti noda jerawat, flek atau kemerahan.

Memilih bedak sama seperti halnya memilih baju yang pas untuk badan kita. Salah memilih mengakibatkan hal yang fatal karena akan merusak penampilan kita secara keseluruhan. Berbeda jenis kulit, membutuhkan jenis bedak yang berbeda pula. Bagi kulit yang kering, bedak yang tepat dapat memberikan kelembaban, begitu pula sebaliknya. Bila memiliki kulit berminyak menggunakan bedak yang melembabkan, tentu hanya akan membuat kulit tambah mengkilap.

Mari kita mengenal jenis-jenis bedak agar tidak salah pilih.

1. Bedak Tabur (Loose Powder)

Bedak tabur atau lebih dikenal dengan loose powder dapat digunakan oleh semua jenis kulit baik kulit normal, kombinasi, berminyak maupun kering. Umumnya, bedak tabur digunakan sebagai finishing touch setelah pengaplikasian untuk menghilangkan kilap dan membuat efek wajah lebih halus. Kelebihan bedak ini terletak pada teksturnya yang menyatu di kulit dengan mudah dan mencerahkan wajah namun tetap terlihat alami.

Struktur yang berupa bubuk pada bedak tabur ini juga yang menjadi kekurangan. Susah untuk dikemana-mana.

Beberapa tips menggunakan Jenis bedak tabur (Loose Powder) :

- Gunakan bedak tabur yang warnanya cocok dengan tone kulit. Pilih warna beberapa tingkat lebih terang dari kulit saat kulit terpapar panas atau pencahayaan yang menyorot.

- Gunakan bedak tabur di daerah T-zone (dahi, hidung dan dagu). Hindari menggunakan bedak tabur hingga di pinggir-pinggir wajah. Hasilnya jadi tidak natural pada kulit.

- Gunakan bedak tabur setelah foundation agar foundation lebih tahan lama

- Gunakan bedak tabur dengan spons dan ditepuk-tepuk tujuannya agar wajah tidak terlihat mengkilap, tanpa terlihat kering dan memberikan efek mulus pada wajah.

2. Bedak Padat (Compact Powder)

Bedak padat (compact powder) memiliki struktur padat, berukuran kecil dan dilengkapi spons serta kaca sehingga lebih praktis digunakan. Bedak ini sangat mudah dibawa dan digunakan dimana pun.

Bedak jenis ini tidak cocok untuk jenis kulit berminyak karena umumnya compact powder lebih banyak mengandung minyak dan pelembab. Tetapi bila memiliki jenis kulit berminyak dan tetap ingin menggunakan compact powder, pilih yang berformula bebas minyak atau oil free. Agar terlihat natural pilihlah warna bedak yang satu tingkat lebih terang dari tone kulit.

3. Bedak Padat + Foundation (Two-way Cake)

Bedak jenis ini lebih praktis lagi dari compact powder karena sudah mengandung foundation. Bedak ini berformula cenderung berat dan berminyak juga cukup tahan lama walau dipakai seharian. Sehingga tidak perlu sering touch-up. Penggunaannya bisa dengan spons basah atau kering. Hindari penggunaan bedak ini bila memiliki jenis kulit sangat berminyak atau berjerawat karena berpotensi menyumbat pori.

Terima kasih sudah membaca artikel Mari Mengenal Jenis-Jenis Bedak, Semoga bermanfaat

eXTReMe Tracker