Tips Agar Tidak Salah Memilih Bra

Untuk dapat tampil rapi, sporty, atau sexy, haruslah didukung pemilihan bra yang tepat. Karena inilah bra menjadi salah satu elemen yang penting bagi perempuan.

Ada beberapa hal yang harus anda perhatikan saat memilih bra. Kesalahan dalam memilih bra dapat membuat bentuk tubuh tidak indah dan mengalami isu-isu medis seperti sakit kepala, nyeri punggung dan kelelahan otot.

1. Model yang tepat

Pemilihan model bra harus disesuaikan dengan aktivitas yang diikuti. Ada beberapa model bra yang dapat dipilih, diantaranya :

- Push Up

Bra dengan model push up ini berfungsi untuk mengangkat payudara agar terlihat lebih berisi. Model bra ini cocok untuk yang ingin menghabiskan waktu intim bersama pasangan.

- Full Coverage

Bra model full coverage membuat payudara terlindungi dengan sempurna. Nyaman untuk yang suka berolahraga. Bra ini hanya menutup setengah bagian payudara. Tepat untuk yang mengenakan gaun berbelahan rendah.

- Multi-Way

Satu tali, dua tali, atau tanpa tali. Model bra ini bisa digunakan dengan berbagai jenis pakaian.

- Wireless

Tanpa kawat, bra ini mengutamakan kenyamanan untuk pemakainya.

2. Bentuk Bra
Memilih bentuk bra yang tepat penting untuk mendapatkan bentuk payudara dan belahan dada seperti apa yang ingin Anda tonjolkan. Ada 2 bentuk utama bra, yaitu:

- Natural

Bra dengan bentuk Natural akan membuat payudara terlihat alami. Bra ini memiliki lapisan tipis di bagian dalam bra, sehingga bagian puting tidak akan terekspos.

- Push up

Bentuk bra Push Up bisa mengangkat payudara mulai dari level rendah sampai ke tinggi. Tampilan belahan dada pun bisa berbeda-beda sesuai dengan keinginan. Dari biasa-biasa saja, sampai ke belahan dada yang dramatis dan ekstrim.

3. Ukuran

Ukuran lingkar badan perempuan diwakili angka 30-40. Sedangkan ukuran cup diwakili dengan huruf (mulai dari A-DDD). Beberapa tips untuk memilih ukuran bra yang tepat :

- Ukur lingkar badan tepat di bawah payudara dengan menggunakan satuan panjang inchi. Jika hasilnya ganjil, naikkan satu inchi agar menjadi genap. Misal ukuran Anda 31 inchi, bulatkan menjadi 32.

- Kemudian ukur lingkar payudara Anda. Selisih lingkar payudara dengan lingkar di bawah payudara menentukan cup yang pas untuk membungkus payudara Anda. Jika lingkar payudara 35, dan lingkar di bawah payudara 32, maka selisih antara lingkar payudara dengan lingkar di bawah payudara adalah tiga inchi. Artinya cup yang cocok untuk Anda adalah cup C. Jika selisihnya satu inchi, Cup yang tepat adalah A. Sedang cup B untuk selisih dua inchi.

Jika Anda pemilik payudara besar, pasti akan mengalami kesulitan dalam menyembunyikan lekukan payudara dalam setiap penampilan. Sebaiknya, jangan memilih bra yang sangat ketat hingga lemak di punggung dapat terlihat. Bila perlu, pilih ukuran cup yang menutupi seluruh payudara.

Wanita yang menggunakan bra terlalu kecil akan membuatnya sakit pada otot, sedangkan bagi pengguna bra yang terlalu besar, payudara akan nampak turun.

Joanna Cram dari British Ostepathic Association mengatakan, memakai bra yang ukurannya tidak sesuai bukan hanya tidak nyaman. “Kalau bagian bawah bra tidak bisa mendukung berat payudara, berarti itu juga berlaku untuk bahu. Hal itu dapat menyebabkan bahu membungkuk dan konsekuensi lainnya payudara ikut turun,” jelasnya.

Bukan hanya menyebabkan payudara turun, “Ketika bahu tidak melekat pas dengan bra dan payudara tidak tersangga dengan tepat, tulang belakang pun dapat melengkung, puncak bahu bungkuk dan tulang rusuk bagian atas tertekan,” urainya lagi.

Memakai bra yang salah, seperti kekecilan juga dapat membuat pundak pegal. Hal itu terjadi karena bra tidak mampu menumpu dada, sehingga membebankannya pada tali pundak bra.

Mengenakan bra dengan ukuran yang salah juga dapat menyebabkan kulit iritasi. Saat bra yang terlalu ketat dipakai, bra akan menekan kulit dan membuatnya terluka.

Risiko lain yang bisa terjadi adalah rasa sakit pada bagian otot punggung. Tak sampai di situ, Anda yang mengenakan bra terlalu ketat juga dapat membuat peredaran darah yang kurang lancar.

Terima kasih sudah membaca artikel Tips Agar Tidak Salah Memilih Bra, Semoga bermanfaat

eXTReMe Tracker