Tips Merawat Jenis Kulit Berminyak

Memiliki jenis kulit berminyak tidaklah nyaman. Wajah terkesan mengkilap, bedak jadi sulit untuk rata di kulit. Mungkin yang paling menjengkelkan, berpotensi menimbulkan masalah baru: jerawat.

Kulit wajah berminyak disebabkan karena produksi minyak berlebih sehingga perlu resep untuk merawat kulit berminyak agar tidak mudah tumbuh jerawat.

Beberapa cara yang dapat dicoba untuk merawat kulit berminyak, diantaranya:

1. Jangan terlalu sering membersihkan wajah

Banyak yang berfikir bahwa dengan sering membersihkan wajah akan mengurangi masalah kulit berminyak. Ternyata itu salah. semakin Anda mencoba untuk mengeringkan kulit berminyak, kulit Anda justru semakin meningkatkan produksi sebum (yang membuat kulit berminyak dan bersinar).

Sebaiknya, tetap meminimalkan pembersihan wajah Anda, hanya dua kali sehari yakni pagi dan malam.

2. Menggunakan produk wajah khusus untuk kulit berminyak

Gunakanlah pembersih wajah khusus untuk kulit berminyak dengan PH rendah-netral.

Berikut ini beberapa bahan untuk produk wajah yang aman untuk jenis kulit berminyak.

a. Tea tree oil

Tea tree oil ialah antiseptik alamiah, terbuat dari daun teh yang berasal dari Australia. Minyak esensial ini amat membantu dalam perawatan kulit berminyak karena menurunkan kadar minyak di kulit serta membunuh bakteri penyebab jerawat.

b. Salicylic acid

Salicylic acid ialah sejenis Beta Hydroxy Acid (BHA) yang merawat kulit berminyak dengan cara membuka pori-pori yang tersumbat dan menetralisir bakteri. Bahan yang satu ini berasal dari pohon willow dan dikenal mampu mengatasi komedo dengan cara mengupas lapisan terluar kulit.

c. Glycolic acid

Glycolic acid adalah bagian dari Alpha Hydroxy Acid (AHA) yang banyak digunakan sebagai bahan produk kosmetik khusus kulit berminyak. Fungsinya untuk membantu pembentukan tekstur kulit dan tampilan kulit secara keseluruhan. Glycolic acid terbuat dari sari air tebu.

d. Hyaluronic acid

Kulit berminyak bukan berarti harus dibuat sekering mungkin. Anda hanya perlu mengontrol kadar minyaknya, karena kulit memerlukan minyak alami sebagai pelembab. Hyaluronic acid berfungsi menyeimbangkan kadar minyak dalam kulit, serta mengurangi kerut-kerut dan tanda penuaan.

e. Benzoyl peroxide

Bahan ini banyak digunakan di produk kosmetik dan perawatan kulit berjerawat. Benzoyl peroxide bekerja dengan cara membunuh bakteri, menyembuhkan jerawat dan mencegah jerawat datang kembali.

Pemilik kulit berminyak juga disarankan menghindari sabun terlalu sering, karena bisa mengikis lemak alami yang dibutuhkan kulit.

3. Menggunakan Tabir Surya

Pemilik kulit berminyak juga harus mengenakan tabir surya SPF 30. Dermatologis di American Academy of Dermatology (AAD) mengingatkan agar pemakaian tabir surya dilakukan setiap hari.

Penggunaan tabir surya SPF 30 untuk melindungi kulit dari dua jenis ultraviolet UVA/UVB. Jadi jangan pernah berpikir bahwa sengatan matahari akan memperbaiki kondisi jerawat Anda. Melindungi kulit Anda dari sengatan matahari adalah penting. Produk tabir surya ini hendaknya yang noncomedogenic dan kurang berminyak.

Kelebihan Jenis Kulit Berminyak

Sebenarnya, untuk pemilik kulit berminyak tidak perlu terlalu risau. Jenis kulit berminyak juga tidak kalah unggul dengan jenis kulit normal atau kering.

1. Membuat wajah terlihat awet muda

Jenis kulit berminyak membuat wajah terlihat awet muda. Minyak berlebih pada kulit menjadi kamuflase ampuh untuk menyembunyikan kerut-kerut halus tanda penuaan dini. Penuaan pada kulit berminyak juga cenderung lebih lambat, karena jaringan minyak di dalam kulit mampu menahan munculnya keriput.

2. Kulit Lebih Elastis

Produksi minyak yang berlebih selain dapat menyamarkan kerut di wajah juga mampu menjaga elastisitas kulit. Jika elastisitasnya terjaga dengan baik, kulit menjadi lebih kenyal, terhindar dari tampilan kulit kendur, dan lebih lembut.

Terima kasih sudah membaca artikel Tips Merawat Jenis Kulit Berminyak, Semoga bermanfaat

eXTReMe Tracker