5 Kesalahan Yang Dihindari Saat Makan Malam Agar Berat Badan Tidak Bertambah

Bela-belain untuk tidak makan malam agar bisa kurus. Tapi nyatanya tetap saja tidak dapat menghindari rasa lapar dan memilih untuk menyantap sesuatu saat malam hari. Sebenarnya makan malam itu sah-sah saja. Hanya yang perlu diperhatikan adalah jumlah kalori yang dikonsumsi.

Ada beberapa kebiasaan yang sering dianggap sepele pada saat makan malam yang justru membuat berat badan bertambah. Seorang ahli gizi yang bernama Lawrence J. Cheskin, MD, yang sekaligus menjadi direktur Johns Hopkins Weight Management Center dan Mellisa Lanz pendiri The Fresh 20 memaparkan 5 kebiasaan yang perlu dihindari saat makan malam agar berat badan tidak bertambah, diantaranya:

1. Porsi Makan Malam Yang Besar

Makan malam yang aman dan tidak membuat berat tubuh bertambah sebaiknya dengan porsi kecil dan berada di bawah 500 kalori. Menurut USDA saat makan malam diperlukan 450 dan 625 kalori, berdasarkan angka kebutuhan diet 1800 – 2000 kalori setiap hari untuk wanita.

2. Nonton Tv Sambil Ngemil

Kebiasaan menonton tv sambil ngemil adalah kebiasaan yang salah. Tv membuat kita tidak sadar telah memakan banyak cemilan. Ketika fokus pada layar tanpa disadari tangan tidak berhenti mengambil camilan. Jadi usahakan untuk memisahkan kegiatan menonton tv dan makan. Bila makan, fokuslah dengan makanan saja di ruang makan. Hal ini akan membuat anda lebih puas dan porsi makanan yang masuk tetap terkendali.

3. Makan Sedikit Garam

Makanan yang asin seperti keripik dan snack mengandung banyak garam. Itu sebabnya ngemil keripik dan snack cepat membuat berat tubuh bertambah. Makanan yang mengandung banyak garam akan menyebabkan natrium berlebih untuk badan, ini salah satu faktor menambah berat badan.

4. Sering Makan Malam Di Luar rumah

Makan malam di luar rumah sesekali bukanlah masalah besar. Apalagi dalam rangka merayakan momen spesial bersama teman atau keluarga. Yang menjadi masalah bila anda sering makan malam di luar seperti di restoran atau tempat-tempat yang menyajikan makanan cepat saji. Restoran biasanya cenderung menawarkan makanan dengan kandungan kalori tinggi yang berasal dari garam, lemak dan gula terlebih lagi makanan yang cepat saji. Hal ini akan mengancam berat badan anda.

5. Dessert

Siapa yang tidak akan tergoda untuk melahap dessert. Dessert yang biasanya berupa cake atau es krim lezat dan manis. Tapi hati-hati dengan berat tubuh anda. Mengkonsumsi dessert yang manis setelah makan besar tentu saja terlalu banyak kalori yang akan masuk ke tubuh anda. Makanan penutup atau dessert juga membuat gula darah melonjak dan membuat Anda ingin makan terus.

Terima kasih sudah membaca artikel 5 Kesalahan Yang Dihindari Saat Makan Malam Agar Berat Badan Tidak Bertambah, Semoga bermanfaat

eXTReMe Tracker