Alasan Mengapa Menangis Itu Menyehatkan

Setiap orang pasti pernah menangis. Aktivitas menagis sering dikaitkan sebagai sinyal yang dikirimkan oleh seseorang pada orang lain untuk memberitahu bahwa seseorang itu betul betul sedih atau tertekan. Menangis adalah respon fisik akibat dari refleks ataupun dari gejolak emosi yang dirasakan oleh seseorang.

Banyak yang bilang bahwa orang yang menangis berarti cengeng, padahal menangis itu juga menyehatkan. Pada saat menangis tubuh mengeluarkan zat kimiawi pada tubuh. Zat kimia tersebut seperti zat kelenjar air mata dan bertujuan sebagai pelumas agar mata anda sehat (proses lakrimasi). Selain itu pada saat menagis, misalnya karena kemasukan debu atau kotoran lainnya, mata akan mengeluarkan air mata yang mengaktifkan bagian di otak agar kelenjar lacrimal di atas mata melepaskan air mata pada kelopak mata agar mengeluarkan zat-zat tersebut.

Berikut Ini Beberapa Alasan Mengapa Menangis Itu Menyehatkan.

1. Menagis Dapat Meredakan stres

Saat tubuh mengalami stres, menangis dapat membuat lebih tenang. Hal ini dikarenakan saat menangis tubuh akan mengeluarkan hormon endorphin leucine-enkaphalin dan prolactin. Hormon endorphin bersifat meredakan rasa sakit dalam tubuh. Selain menurunkan level stres, air mata juga membantu melawan penyakit-penyakit yang disebabkan oleh stres seperti tekanan darah tinggi. Jadi dengan menangis, tubuh dan pikiran otomatis menjadi lebih rileks terhindar dari stres.

2. Menangis Dapat Menjaga Kesehatan Mata

Air mata yang dikeluarkan saat menangis dapat menjaga kesehatan mata. Air mata tersebut mencegah dehidrasi pada membran mata yang bisa membuat penglihatan menjadi kabur. Hal ini juga sama saat mata kemasukan debu atau kotoran, air mata ini memicu reaksi berantai yang mengaktifkan bagian di otak agar kelenjar lacrimal di atas mata melepaskan air mata pada kelopak mata agar mengeluarkan zat-zat tersebut.

3. Menangis Untuk Memperbaiki Suasana Hati

Air mata yang dihasilkan saat menangis sebagai luapan emosi mengandung 24 persen protein albumin yang berguna dalam meregulasi sistem metabolisme. Seseorang yang menangis untuk meluapkan emosinya dengan segera suasana hatinya akan terangkat kembali.

4. Menangis Untuk Mengeluarkan Racun Tubuh

Melalui air mata, sebenarnya racun dalam tubuh bisa dikeluarkan ketika seseorang menangis. Racun-racun tersebut sifatnya cukup berbahaya bagi kesehatan. Seorang ahli biokimia, William Frey telah melakukan beberapa studi tentang air mata dan menemukan bahwa air mata yang keluar dari hasil menangis karena emosional ternyata mengandung racun. Dengan keluarnya air mata yang beracun itu menandakan bahwa ia membawa racun dari dalam tubuh dan mengeluarkannya lewat air mata.

5. Menangis Membuat Perasaan Menjadi Lega

Menangis bisa dibilang sebagai bentuk latihan bagi jiwa. Meskipun Anda didera berbagai macam masalah dan cobaan, namun setelah menangis biasanya akan muncul perasaan lega. Sebab mengeluarkan segala emosi negatif melalui tangisan jauh lebih baik daripada memendamnya dalam hati. Menangis seperti olahraga bagi perasaan sehingga suatu saat ketika berada di posisi serupa, hati bisa lebih kuat dan tegar. Setelah menangis, sistem limbik, otak dan jantung akan menjadi lancar, dan hal itu membuat seseorang merasa lebih baik dan lega.

6. Menangis Dapat Menyehatkan jantung

Mengekspresikan rasa sakit berisiko rendah terkena penyakit jantung. Menangis juga merupakan salah satu cara untuk mengepresikan rasa sakit. Oleh sebab itu, tidak perlu menahan diri ketika ingin menangis karena menangis ternyata menyehatkan jantung.

Terima kasih sudah membaca artikel Alasan Mengapa Menangis Itu Menyehatkan, Semoga bermanfaat

eXTReMe Tracker