Alasan Mengapa Sering Merasakan Lapar Di Malam Hari

Meskipun sudah makan malam hari entah mengapa masih saja merasakan lapar di malam hari. Rasanya seperti ingin memakan sesuatu sebelum tidur. Apakah anda pernah merasakan hal itu?

Banyak yang melarang untuk makan menjelang tidur.Makan di malam hari apalagi jika terlalu larut bisa membuat Anda semakin bertambah berat badannya. Tidak hanya itu, makan di malam hari, terutama yang tidak sehat bisa berisiko terkena penyakit berbahaya. Banyak orang yang tidak bisa menghindari hasrat untuk makan dan menguyah karena rasa lapar di malam hari menjelang tidur, meskipun tahu akan risikonya.

Berikut ini beberapa alasan mengapa sering merasakan lapar di malam hari, diantaranya:

1. Kesalahan Pola Makan

Sering lapar di malam hari bisa jadi karena kesalahan dalam pola makan anda. Meskipun sistem pencernaan akan melemah pada saat tidur, tetap saja perut kita tidak bisa mengabaikan rasa lapar tersebut. Jadi usahakan untuk tidak tidur dengan kondisi perut kosong. Ini juga tidak berarti makan banyak tepat sebelum tidur. Seorang pakar di Division Sleep Medicine, Harvard Medical School menyarankan, jika mau makan, makanlah makanan ringan yang tidak akan menyebabkan gangguan pencernaan atau mengganggu tidur. Makanan ringan seperti pisang (setengah buah), satu sendok makan selai kacang, cracker gandum, maupun sedikit potongan keju. Makan salah satu makanan ringan tersebut 30 menit sebelum mulai jatuh tertidur. Makanan ringan yang ideal dikonsumsi sebelum tidur ini berbeda-beda pada setiap orang.

2. Terkena NES (Nocturnal Eating Syndrome)

NES atau nocturnal eating syndrome adalah suatu kebiasaan buruk yang ditandai dengan kehilangan nafsu makan pada pagi hari, stres, sukar tidur, disertai dengan rasa lapar dan makan yang berlebihan pada malam hari. Tanda-tanda yang didapatkan pada penderita NES adalah hilangnya nafsu makan pada pagi hari, seringkali sampai 5-6 jam setelah bangun pagi masih enggan sarapan, namun pada malam hari, penderita cenderung buka lemari makan atau lemari es, cari makanan kaya kalori, karbohidrat, dan lemak, misalnya snack, es krim, kacang, atau coklat, lalu kebiasaan makan malam ini akan diulangi sampai 3-4 kali dalam semalam, kemudian tertidur. Penderita biasanya mempunyai kepribadian depresi, stres, gelisah, cemas, dan umumnya sukar tidur.

3. Pola Tidur Yang Bermasalah

Usahakan untuk mendapatkan tidur yang berkualitas setiap hari. Buatlah jadwal tidur yang teratur yang akan membantu tubuh memiliki ritme tidur. Tidurlah dengan suasana yang sunyi, karena pergi tidur dengan adanya suara musik atau TV bisa menyebabkan Anda insomnia atau terbangun dengan rasa lapar di malam hari.

4. Konsumsi Kafein

Jangan minum kopi atau makan cokelat saat akan tidur. Cokelat dan kopi mengandung kopi yang bisa menyebabkan tidur jadi tidak nyenyak. Anda berisiko besar bangun tengah malam dan lapar ingin ngemil. Sebaiknya hindari mengonsumsi kafein setelah pukul 16.00 atau enam jam sebelum waktu tidur.

Terima kasih sudah membaca artikel Alasan Mengapa Sering Merasakan Lapar Di Malam Hari, Semoga bermanfaat

Lapar tengah malam saat hamil , sering lapar di malam hari , ibu hamil lapar tengah malam , sering lapar tengah malam , kenapa sering lapar malam hari , penyebab lapar tengah malam , apa penyebab orang sering lapar tengah malam dan cara menanggulanginya bagaimana beresiko tidak???? , hamil lapar tengah malam , tengah malam sering lapar , kenapa tengah malam lapar , kenapa setiap malam selalu lapar , lapar malam hari saat hamil , selalu lapar saat malam , lapar di malam hari saat hamil , penyebab lapar di tengah malam
eXTReMe Tracker