Beberapa Manfaat Spa Bayi untuk Si Kecil

Pada kalangan wanita istilah Spa tentu saja tidak asing lagi. Istilah SPA yang muncul dari bahasa Yunani yaitu Solus Per Aqua ini berasal dari kota Spa di Belgia. Secara tradisional digunakan untuk menunjuk sebuah tempat di mana air yang diyakini memiliki sifat menyehatkan yang biasanya adalah sebuah pemandian air panas atau mineral. Pada saat ini Spa berarti melakukan perawatan tubuh dengan air sebagai medianya.

Saat ini spa tidak hanya dilakukan oleh orang dewasa, ibu-ibu muda, atau remaja. Sudah banyak tempat-tempat spa yang diperuntukan untuk bayi. Rangkaian spa bayi sudah ada sejak jaman dulu dari jaman nenek moyang kita. Hanya saja waktu itu, spa bayi terbatas pada perawatan secara tradisional yaitu berupa mandi dengan air hangat dilanjutkan dengan pijat urut oleh dukun bayi. Bedanya si kecil tidak berenang di kolam air hanya di masukkan ke dalam bak mandi saja.

Dengan semakin mudahnya ditemukan spa bayi, para orang tua dengan mudah dapat membawa bayi mereka ke spa khusus bayi. Tentunya karena mereka sudah percaya, dan menurut penelitian, spa bayi ini memiliki banyak manfaat bagi pertumbuhan si kecil.

Beberapa Manfaat Spa Bayi untuk Si Kecil, yaitu :

1. Melancarkan Peredaran Darah
Memberikan spa untuk bayi anda akan membantu untuk melancarkan peredaran darah pada si kecil, sehingga perkembangannya akan lebih pesat pada usia pertumbuhannya. Hal ini akan sangat berpengaruh terhadap sistem metabolisme tubuh dan bisa meningkatkan daya tahan tubuh si kecil agar tidak mudah terserang penyakit.

2. Memberikan Relaksasi Pada Bayi
Baby Spa atau spa pada bayi dapat memberikan efek relaksasi yang membuat bayi anda tumbuh tumbuh dengan ceria dan membantu membentuk pribadi yang supel, ceria, dan mandiri.

3. Membantu Tidur Lebih Nyenyak
Spa untuk bayi akan memberikan kualitas tidur bayi lebih baik yang akan berpengaruh pada perkembangan otaknya. Saat disentuh dengan pijatan halus, tubuh bayi akan mengeluarkan hormon endorfin yang membuatnya lebih rileks, sehingga tidur dengan baik dan mencegah anak menjadi agresif. Otak bayi berkembangan selama masa tidurnya.

4. Mengoptimalkan Tumbuh Kembang Anak
Spa bayi bermanfaat untuk merangsang otot motorik sehingga akan mengoptimalkan tumbuh kembangnya. Motorik kasar (seperti merangkak, duduk) dan motorik halus (kemampuan menggenggam, mencoret-coret). Bayi akan berkembang lebih pesat dibanding anak lain seusianya. Spa bayi ini bisa membantu meningkatkan kecerdasan si kecil.

5. Membantu Memperbaiki Sistem Pencernaan
Spa bayi akan membantu memperbaiki sistem pencernaan si kecil, dan membuatnya mudah makan.

Mulailah memberikan spa pada bayi sejak bayi berumur 1 bulan. Rangkaian spa bayi dimulai dengan baby swim selama 15 menit dan dilanjutkan dengan baby massage selama 20 menit. Yang perlu melakukan bukan hanya bunda, tapi juga ayah. Saat memberikan pijatan halus, ajaklah buah hati ini berbicara dan tersenyum. Meskipun ia tidak mengerti, cara ini bisa mempererat ikatan antara ibu dan bayi.

Terima kasih sudah membaca artikel Beberapa Manfaat Spa Bayi untuk Si Kecil, Semoga bermanfaat

eXTReMe Tracker