Cegah Penyakit Dengan Sering Cuci Tangan

Mencuci tangan adalah salah satu kegiatan yang paling mudah dilakukan untuk mencegah penyakit. Sekalipun anda berkerja di dalam ruangan dan juga menggunakan sendok dan garpu sebagai sarana makan.

Banyak alasan mengapa Anda perlu sering mencuci tangan. Rekan kerja Anda sedang menderita flu, lalu menutup hidungnya dengan tangan saat bersin, kemudian memegang handle pintu, saat Anda memegang handle pintu yang sama, bakteri flu dapat segera berpindah ke tangan Anda dan apabila Anda memegang hidung atau mulut, kuman tersebut dapat masuk ke dalam tubuh. Itulah gambaran betapa mudahnya kuman penyakit berpindah dari satu orang ke orang lain. Penyakit seperti diare, cacingan, Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA), TBC bahkan penyakit yang mematikan seperti SARS, flu burung (H5N1) dan flu babi (H1N1) dapat dicegah dengan mencuci tangan. Penyakit seperti diare, cacingan, Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA), TBC bahkan penyakit yang mematikan seperti SARS, flu burung (H5N1) dan flu babi (H1N1) dapat dicegah dengan mencuci tangan.

Mencuci tangan memiliki banyak manfaat dan peran yang penting terutama untuk yang memiliki antibodi redah.

Beberapa manfaat mencuci tangan adalah sebagai berikut.

1. Mencegah perpindahan virus

Penelitian membuktikan virus berpindah dengan cepat dari tangan ke tangan. Hal ini telah dibuktikan oleh Dr Ignaz Semmelweis dari rumah sakit Vienna di abad 19, mewajibkan para suster untuk mencuci tangan sebelum menangani pasien. Kebiasaan ini terbukti mengurangi angka kematian yang sangat tinggi saat itu.

2. Mengurangi resiko masalah pencernaan

Dengan mencuci tangan memakai sabun akan membantu mengurangi resiko penyakit diare dan pencernaan pada anak-anak. Karena dengan mencuci tangan dapat mencegah penyebaran bakteri, cacing, atau zat berbahaya lainnya dari sentuhan.

3. Mencegah infeksi pada mata

Mencuci tangan secara reguler dapat mencegah penyebaran bakteri yang menyebabkan infeksi pada mata, seperti trachoma. Mencuci tangan juga menghindari iritasi dan mata merah. Segala macam masalah kesehatan mata itu tidak hanya menyebabkan rasa sakit, perih, sensitif terhadap cahaya, tapi juga masaah penglihatan. Hal yang paling diperhatikan adalah penyebaran virus saat terjadi kontak di mata Anda.

4. Mengurangi risiko infeksi pernapasan

Masalah pernapasan akut dapat Anda turunkan perkembangannya dengan memperkenalkan cara mencuci tangan yang baik pada anak-anak. Sejumlah zat patogen diasosiasikan dengan diare dan masalah kesehatan pernapasan dan ditemukan pada tangan-tangan yang belum dicuci.

Penelitian kesehatan di Pakistan yang dilakukan 7 tahun lalu menemukan, radang paru-paru pada anak usia di bawah 5 tahun bisa ditekan setengahnya setelah program cuci tangan dengan sabun.

 

Kapan Saat Anda Mencuci Tangan?

Mencuci tangan umumnya dilakukan saat sebelum makan, sebelum menyiapkan makanan, setelah memegang daging mentah, sebelum dan setelah menyentuh orang sakit, sesudah menggunakan kamar mandi, setelah batuk atau bersin, setelah mengganti popok atau pembalut, sebelum dan setelah mengobati luka, setelah membersihkan atau membuang sampah, setelah menyentuh hewan atau kotoran hewan. Namun semakin rutin Anda mencuci tangan, akan semakin baik.

Kebiasaan mencuci tangan ini juga sebaiknya sudah diajarkan kepada anak-anak. Karena masa anak-anak adalah masanya bereksplorasi, sehingga tangannya banyak menyentuh segala sesuatu yang belum terjamin kebersihannya. Belum lagi ketika memasukkan tangannya ke dalam mulut, bisa menimbulkan penyakit seperti diare yang berbahaya.

 

Cara Mencuci Tangan yang Benar

Mencuci tangan yang benar harus menggunakan sabun dan di bawah air yang mengalir. Sedangkan langkah-langkah teknik mencuci tangan yang benar adalah sebagai berikut.

- Basahi tangan dengan air di bawah kran atau air mengalir.

- Ambil sabun cair secukupnya untuk seluruh tangan. Akan lebih baik bila sabun mengandung antiseptik.

- Gosokkan kedua telapak tangan.

- Gosokkan sampai ke ujung jari.

- Telapak tangan tangan menggosok punggung tangan kiri (atau sebaliknya) dengan jari-jari saling mengunci (berselang-seling) antara tangan kanan dan kiri. Gosok sela-sela jari tersebut. Lakukan sebaliknya.

- Letakkan punggung jari satu dengan punggung jari lainnya dan saling mengunci.

- Usapkan ibu jari tangan kanan dengan telapak kiri dengan gerakan berputar. Lakukan hal yang sama dengan ibu jari tangan kiri.

- Gosok telapak tangan dengan punggung jari tangan satunya dengan gerakan kedepan, kebelakang dan berputar. Lakukan sebaliknya.

- Pegang pergelangan tangan kanan dengan tangan kiri dan lakukan gerakan memutar. Lakukan pula untuk tangan kiri.

- Bersihkan sabun dari kedua tangan dengan air mengalir.

- Keringkan tangan dengan menggunakan tissue dan bila menggunkan kran, tutup kran dengan tissue.

Mengeringkan dengan tissue lebih baik dibandingkan mengeringkan tangan menggunakan mesin pengering tangan yang umum ada di mal. Karena mesin pengering tangan yang dipakai secara umum menampung banyak bakteri yang dapat menularkan ke orang lain.

 

Beberapa hal yang harus diperhatikan agar cuci tangan bisa mencegah peyakit:

* Cuci tangan sesering mungkin, terutama ketika batuk, bersin, dan usahakan untuk menggunakan tisu saat mengeringkannya. Lakukan itu setiap saat baik sebelum makan, sebelum menyiapkan makanan, atau mengolah makanan.

* Jika Anda pilek atau batuk, lebih baik gunakan tisu daripada menggunakan bagian baju atau tangan Anda, terutama ketika membersihkan cairan hidung.

* Jangan menggunakan pakaian untuk mengeringkan tangan anak Anda.

* Jangan gunakan handuk tangan yang biasa dipakai ramai-ramai.

* Jangan menggunakan baskom atau wadah untuk mencuci tangan anggota keluarga Anda karena penularan justru akan cepat terjadi.

* Jangan gunakan spons untuk membersihkan tangan.

* Ajarkan anak untuk mencuci tangan dengan baik sejak dini. Mencuci tangan harus dengan air mengalir atau bersih, menggunakan sabun, dan mengeringkan tangan dengan handuk bersih. Sehingga anak bisa melakukan dengan baik jika kebetulan berada di sekolah, mal, atau area publik lainnya.

* Pastikan selalu membawa antiseptik untuk tangan. Benda ini sangat bermanfaat saat kita kesulitan menemukan air atau sabun. Hand antiseptic bisa menjadi solusi praktis. Lulurkan cairan hand antiseptic di seluruh bagian tangan.

Mengingat pentingnya cuci tangan, biasakan diri dan keluarga Anda untuk mencuci tangan sekarang juga.

Terima kasih sudah membaca artikel Cegah Penyakit Dengan Sering Cuci Tangan, Semoga bermanfaat

eXTReMe Tracker