Efek Buruk Berfikir Negatif

Setiap orang pasti pernah memikirkan hal-hal buruk yang akan terjadi nanti. Saat bangun tidur pada pagi hari, memikirkan akan ada banyak tugas di kantor, dimarahi atasan, takut kehujanan, kecelakaan, dan pikiran buruk lainnya. Setelah memikirkan hal buruk itu, pastinya semangat anda akan berkurang. Jadi malas ke kantor, malas beraktivitas. Wajah secara otomatis akan berkerut, bibir sedikit maju alias manyun.

Berpikir negatif memberikan pengaruh buruk yang lebih besar dibandingkan dengan pengaruh positifnya.

Salah satu pengaruh berpikir negatif adalah melemahkan sistem kekebalan tubuh. Berpikir negatif juga menyebabkan seseorang tertekan dan kehilangan banyak energi. Dampak yang lebih buruk dari berpikir negatif adalah mengakibatkan seseorang tidak mampu lagi berbuat sesuatu untuk menciptakan prestasi maupun kebahagiaan. Berpikir negatif terhadap seseorang atau tentang sesuatu hanya akan menambah beban pikiran. Bagaimana mau bahagia kalau pikiran hanya dipenuhi dengan hal-hal yang buruk dan kekhawatiran yang berlebihan?

Untuk mengurangi memikirkan hal-hal buruk memang tidak mudah. Tetapi kita bisa mencobanya. Berikut ini beberapa caranya.

  • Mengurangi mengkonsumsi berita-berita negatif

Berita-berita yang sebaiknya kita kurangi konsumsinya yaitu berita tentang kekerasan, penculikan, kecelakaan, perselingkuhan, dan berita-berita buruk lainnya. Lebih baik memperbanyak mengkonsumsi berita-berita positif seperti tentang kesuksesan orang lain, berita yang membahagiakan, tentang keluarga harmonis, kesehatan, dan lainnya.

  • Bersyukur

Selalu bersyukur dengan apa yang telah kita capai dan Tuhan berikan kepada kita. Walaupun banyak hal buruk yang telah terjadi hari ini, kerjaan yang belum selesai, ada deadline, ban motor yang pecah, kita tetap harus berpikir positif. Banyak orang yang masih menganggur, tidak punya kerjaan. Tuhan sudah memberikan kita hidup yang layak. Dengan bersyukur dan berpikir positif lagi, semangat kita akan muncul dan dapat menyelesaikan pekerjaan dengan baik.

  • Iklas

Iklas yang dimaksudkan disini adalah bersikap menerima kejadian buruk apapun yang terjadi pada kita. Dengan kejadian buruk tersebut, kita bisa mengambil hal positif yaitu bisa berjaga-jaga agar kejadian tersebut tidak terulang lagi ataupun bisa mencegahnya. Kalaupun tetap terjadi, kita sudah tahu bagaimana cara mengatasinya.

Yuk mulai hari dengan berpikir positif. Dengan berpikir positif membuat hidup kita lebih bahagia. Terseyum dan optimis bahwa kita bisa melalui hari ini dengan baik. :)

Terima kasih sudah membaca artikel Efek Buruk Berfikir Negatif, Semoga bermanfaat

eXTReMe Tracker