Hati-hati Gula Dalam Makanan Manis Sebabkan Kecanduan Yang Membahayakan Kesehatan

Apakah anda merupakan penggemar makanan manis seperti cake atau coklat? Sebaiknya mulai saat ini Anda harus mulai menguranginya. Gula yang bersifat manis menyebabkan kecanduan yang dapat membahayakan kesehatan seperti kegemukan, penumpukan lemak dan diabetes.

Kecanduan yang disebabkan oleh gula sudah diteliti pada penelitian yang diadakan NBC News dan The Wallstreet Journal. Pada penelitian tersebut disebutkan bahwa sifat adiktif gula sama seperti sifat adiktif yang ditimbulkan oleh kokain atau ganja. Jadi semakin banyak Anda mengkonsumsi gula, maka akan semakin menginginkannya.
Selain itu, rasa kecanduan ingin makanan manis lagi dan lagi itu juga disebabkan oleh kebahagiaan semu yang ditimbulkan saat mengkonsumsi makanan manis seperti cokelat. Rasa bahagia yang ditimbulkan saat makan makanan manis itu adalah sebuah kebahagiaan semu karena sifatnya yang sementara. Setelah itu akan membuat mood anda menjadi naik turun. Saat sedang makan makanan manis, kadar gula darah akan naik dengan drastis tapi juga cepat turunnya begitu dibakar oleh tubuh.

Selain pengaruh mood yang naik turun keinginan kuat untuk makan makanan manis menandakan tubuh mencoba meningkatkan serotonin. Serotonin adalah hormon yang membangkitkan rasa bahagia di dalam otak. Ketika Anda mengonsumsi makanan tinggi karbohidrat seperti cokelat, es krim dan berbagai penganan manis lainnya, gula yang terkandung di dalamnya akan meningkatkan serotonin dengan cepat dan membuat mood segera lebih baik. Hasrat makan manis juga menandakan kalau tubuh memerlukan tambahan energi.

Mulailah untuk mengendalikan diri saat makan makanan manis. Cobalah untuk menguranginya. Kalau memang ingin, makananlah cake dan coklat sedikit saja. Memang saat melihat makanan manis tersaji di depan mata pasti susah untuk ditolak. Kadang Anda bahkan tak cukup menikmati martabak manis, cake, donat, atau cokelat, sepotong saja. Akhirnya, Anda jadi sering menginginkan makanan manis. Cukupkan untuk memuaskan rasa kepingin itu saja. Jika tidak, tanpa terasa Anda akan makan makanan itu sampai habis. Bayangkan berapa banyak gula yang anda konsumsi.

Untuk yang memiliki berat badan berlebih, mulailah untuk memusuhi makanan manis yang banyak mengandung gula. Makanan yang banyak mengandung gula akan meningkatkan risiko diabetes, meningkatkan risiko tekanan darah tinggi meningkatkan kadar kolesterol penyebab penyakit jantung. Dan yang tak kalah membahayakan, makanan bergula dapat meningkatkan kadar insulin dalam tubuh yang pada gilirannya, mendorong pertumbuhan sel kanker.

Terima kasih sudah membaca artikel Hati-hati Gula Dalam Makanan Manis Sebabkan Kecanduan Yang Membahayakan Kesehatan, Semoga bermanfaat

eXTReMe Tracker