Hilangkan Insomnia Dengan Olahraga

Untuk yang sering mengalami insomnia (susah tidur), anda perlu mencoba olahraga. Olahraga tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan tetapi juga mendukung hidup sehat dan membantu untuk tidur nyenyak.

Olahraga dengan intensitas tinggi tiga jam sebelum tidur akan menstimulasi detak jantung, otak dan otot. Sehingga saat tiba waktunya tidur, tubuh akan melalui proses recovery dan Anda pun bisa tidur lebih nyenyak.

Selain itu, olahraga pada sore hari menjelang malam akan menaikkan temperatur tubuh beberapa jam sebelum tidur. Saat Anda bersiap-siap tidur, temperatur tubuh pun menurun. Proses penurunan temperatur tubuh inilah yang membuat Anda menjadi ngantuk dan membantu tidur lebih nyenyak.

Jenis-jenis olahraga yang dapat anda coba adalah :

1. Kardiovaskular

Latihan kardiovaskular seperti Melompat, berjalan, menari, lompat tali dan berenang. Latihan kardiovaskular dapat meningkatkan detak jantung dan jika dilakukan sekitar 20 menit akan bantu meregangkan otot, paling efektif untuk mendapatkan tidur berkualitas. Melakukan latihan ini selama 20 menit per sesi, tiga sampai empat kali seminggu akan memacu detak jantung meningkatkan suplai oksigen ke otak yang membuat tubuh dan pikiran lebih rileks.

2. Latihan kekuatan, yoga dan peregangan

Latihan kekuatan, yoga dan peregangan juga bermanfaat menjadikan tidur lebih nyenyak terutama yoga. Dalam latihan yoga Postur dan teknik pernapasan meningkatkan sirkulasi darah pada otak serta melepaskan stres.

Dengan melakukan olahraga, Anda tidak perlu meminum obat tidur lagi. Selain tubuh akan menjadi sehat, tidur lebih nyenyak dan tubuh terasa lebih segar saat bangun di keesokan paginya.

Terima kasih sudah membaca artikel Hilangkan Insomnia Dengan Olahraga, Semoga bermanfaat

eXTReMe Tracker