Jenis-jenis Minuman Berbahan Dasar Kopi

Jenis-jenis minuman kopi

Doyan sama kopi? Biasanya secangkir kopi panas akan menjadi teman saat bekerja di pagi hari. Percaya atau tidak, meminum kopi sebelum memulai aktivitas akan membangun semangat anda. Kandungan kafein dalam kopi baik untuk kesehatan tentunya bila dalam jumlah yang wajar. Saat ini sudah banyak jenis minuman kopi. Berbagai perbedaan campuran dan cara membuat minuman kopi tersebut, menghadirkan cita rasa yang berbeda. Bukan hanya sekedar pahit, tapi ada rasa tertentu yang dapat dinikmati.

  1. Kopi Hitam
  2. Kopi hitam adalah kopi yang biasanya disajikan tanpa campuran apa pun termasuk gula. Terbuat dari hasil ekstraksi langsung dari perebusan kopi. Satu cangkir kopi hitam memiliki nilai kafein 120 mg. Meskipun terasa sangat pahit, kopi hitam ini bebas lemak dan juga bebas kalori sangat membantu meningkatkan metabolisme tubuh.

  3. Espresso
  4. Kopi  espresso adalah minuman kopi yang pekat yang dibuat dari serbuk kopi  hasil ekstrasi biji kopi dengan menggunakan uap pada tekanan tinggi. Tidak seperti kopi hitam, untuk membuat minuman Kopi  espresso dibutuhkan mesin espresso. Komponen espresso yang terpenting adalah krimnya, yakni busa keemasan yang mengambang di permukaan kopi. Di dalam krim tersebut terkandung minyak, protein, dan gula. Espresso merupakan dasar minuman kopi lain, seperti latte, cappuccino, macchiatos, dan mocha. Para peneliti menemukan satu cangkir espresso (30 ml) mengandung 107 mg kafein. Untuk itu disarankan untuk tidak minum lebih dari lima cangkir Espresso setiap hari meskipun pada tiap orang memiliki kepekaan berbeda terhadap kafein.

  5. Latte
  6. Kopi latte adalah espresso yang dikombinasikan dengan susu yang dihangatkan dengan uap air. Latte dalam bahasa Italia sebenarnya berarti susu. Rasio kopi dan susu dalam kopi latte adalah 3:1 sehingga rasa susunya lebih dominan. Di Eropa latte biasanya ditujukan kepada pengopi yang masih belia.

  7. Cappuccino
  8. Kopi cappuccino juga berasal dari espresso. Hanya saja ada tambahan busa susu di atasnya. Awalnya  espresso dan susu dicampur lalu dihangatkan dengan uap air. Setelah itu baru diakhiri  dengan busa susu di atasnya. Busa susu berfungsi untuk menahan agar kopi tetap panas. Untuk membuatnya tambah nikmat dapat ditaburi bubuk cokelat di atas busa susunya.

  9. Mocha
  10. Kopi mocha adalah kopi espresso yang di dalamnya ditambahkan kacang mocha. Minuman kopi ini berasal dari Yaman. Mirip seperti cappuccino dan latte, hanya saja kopi mocha lebih manis dan biasanya ditambahkan dengan sirup cokelat.

  11. Frappe
  12. Kopi frappe adalah kopi espresso versi dingin. Disajikan dingin yang dibuat dengan tambahan gula, luluhan es, krim, dan air.

  13. Kopi instan
  14. Kopi ini adalah kopi yang paling mudah ditemukan di supermarket atau kedai-kedai minuman. Cara pembuatannya mudah, harga terjangkau, dan sudah tersedia berbagai macam rasa yang nikmat. Cukup dituang ke dalam gelas dan diseduh air panas, praktis.

Meskipun banyak jenis minuman berbahan dasar kopi, tiap orang tidak lantas menyukai semuanya. Ada jenis-jenis kopi yang memiliki penggemarnya masing-masing. Anda suka minuman kopi apa? :)

Terima kasih sudah membaca artikel Jenis-jenis Minuman Berbahan Dasar Kopi, Semoga bermanfaat

jenis minuman kopi , minuman berbahan dasar kopi , resep minuman berbahan dasar kopi , jenis-jenis minuman kopi , cara membuat minuman kopi hitam , resep minuman bahan dasar kopi , macam minuman kopi , jenis minuman , resep minuman berbahan dasar espresso , cara membuat minuman berbahan dasar kopi , jenis minuman yang terbuat dari kopi , macam macam minuman berbahan dasar kopi , minuman berbahan kopi , minuman brbahan dasar bir , jenis minuman dari bahan kopi
eXTReMe Tracker