Jenis Makanan Sehat Untuk Cegah Pikun

Ikan SegarPikun adalah salah satu efek yang timbul akibat penuaan. Hal ini terjadi secara wajar sejalan dengan bertambahnya usia. Kepikunan tidak dapat dihindari tetapi dapat dihambat dengan memasukan beberapa jenis makanan sehat untuk cegah pikun dan anti penuaan dalam menu harian anda.

Beberapa jenis makanan sehat yang dapat mencegah pikun diantaranya :

1. Apel
Buah apel memiliki bahasa latin Malus domestica. Kulit buahnya agak lembek, daging buahnya keras. Buah ini memiliki beberapa biji di dalamnya. Apel dapat dikalengkan atau dibuat jus.
Berdasarkan penelitian, apel bisa mengurangi risiko kanker usus besar, kanker prostat, dan kanker paru-paru. Dibandingkan dengan buah lainnya dan sayuran, apel mengandung vitamin C yang tidak seberapa, tetapi kaya dengan senyawa antioksidan lainnya. Biarpun tidak sebanyak buah lain, namun kandungan dalam apel membantu mengontrol pergerakan usus, maka mengurangi risiko kanker usus besar. Serat apel juga membendung penyakit jantung, serta mengontrol berat badan dan tingkat kolesterol, karena buah apel tidak mengandung kolesterol dan mempunyai serat yang mengurangi kolesterol dengan mencegah reabsorpsi.
Dalam hubungan dengan mencegah pikun, tidak jauh-jauh dengan kandungan polifenol dalam buah apel. Polifenol adalah substansi tumbuhan yang berfungsi melindungi sel yang dapat meningkatkan daya hidup hingga 10 persen.
Polifenol menetralisir radikal bebas yang merusak DNA yang mempercepat terjadinya penuaan.

2. Ikan
Ikan kaya akan manfaat karena merupakan sumber protein bagi tubuh. Selain itu ternyata ikan juga mengandung berbagai zat yang sangat bermanfaat bagi kesehatan termasuk di dalamnya mencegah pikun.
Pikun merupakan gejala umum demensia, walaupun pikun itu sendiri belum berarti indikasi terjadinya demensia. Orang-orang yang menderita demensia sering tidak dapat berpikir dengan baik dan berakibat tidak dapat beraktivitas dengan baik. Oleh sebab itu mereka lambat laun kehilangan kemampuan untuk menyelesaikan permasalahan dan perlahan menjadi emosional, sering hal tersebut menjadi tidak terkendali.
Kandungan zat gizi pada ikan yang dapat mencegah pikun adalah asam lemak Omega 3. Omega 3, bermanfaat untuk proses perkembangan otak pada janin dan penting untuk perkembangan fungsi syaraf dan penglihatan bayi. Omega 3 bisa membalikkan perubahan otak yang dipicu oleh gen yang meningkatkan risiko demensia. Sejumlah 15 manusia di dunia memiliki gen yang memicu demensia.
Selain Omega 3 ikan juga mengandung selenium yang berfungsi untuk membantu metabolisme tubuh dan sebagian anti oksidan yang melindungi tubuh dari radikal bebas penyebab penuaan.

Kandungan lain ikan yang baik untuk kesehatan yaitu :

- Mengandung serat protein yang pendek sehingga mudah di cerna
- Kaya akan asam amino seperti taurin untuk merangsang pertumbuhan sel otak balita.
- Vitamin A dalam minyak hati ikan untuk mencegah kebutaan pada anak
- Vitamin D dalam daging dan minyak hati ikan untuk pertumbuhan dan kekuatan tulang
- Vitamin B6 untuk membantu metabolisme asam amino dan lemak serta mencegah anemia dan kerusakan syaraf
- Vitamin B12 untuk pembentukan sel darah merah, membantu metabolisme lemak, dan melindungi jantung juga kerusakan syaraf
- Zat besi yang mudah di serap oleh tubuh
- Yodium untuk mencegah terjadinya penyakit gondok dan hambatan pertumbuhan anak
- Seng yang membantu kerja enzim dan hormon
- Fluor yang berperan dalam meguatkan dan menyehatkan gigi anak

Kandungan ikan kaya akan manfaat akan lebih optimal jika dalam bentuk daging ikan segar sehingga kandungan gizi dalam ikan tetap untuk mendapatkan kandungan ikan yang kaya akan manfaat.

3. Kacang-kacangan
Kacang biasanya mengandung protein dan/atau lemak yang cukup tinggi, sehingga banyak yang dihargai sebagai bahan pangan yang penting. Tetapi kacang-kacangan kaya akan gamma-tokoferol, sejanis vitamin E yang bekerja bekerja untuk membuat si lemak jahat, kolesterol LDL, tak sampai menggumpal dan menyumbat arteri bernilai dalam tubuh.

Mulailah dari sekarang untuk selalu menyisipkan makanan sehat untuk mencegah penuaan yang sekaligus berarti mencegah pikun. Mengkonsumsi satu butir apel setiap hari, menyajikan menu ikan tiga kali dalam sepekan untuk mendongkrak fungsi otak dan ingatan, atau mengkonsumsi 300 gram kacang beberapa hari sekali.

Terima kasih sudah membaca artikel Jenis Makanan Sehat Untuk Cegah Pikun, Semoga bermanfaat

eXTReMe Tracker