Kebiasaan Yang Harus Dihindari Agar Tak Sulit Tidur

Untuk mendapatkan kualitas tidur terbaik tidur yang nyenyak adalah kuncinya. Jam tidur ideal orang dewasa setiap malamnya adalah 7 hingga 8 jam per hari. Hal ini bukan hanya berguna terhadap kebugaran Anda di pagi hari saja, tetapi kurangnya jam tidur dalam jangka panjang dapat meningkatkan masalah pada kesehatan Anda.

Kurang tidur bisa membuat kinerja buruk karena daya tahan tubuh berkurang. Kurang tidur juga berakibat buruk pada kemampuan kognitif seseorang. Tidur kurang dari 8 jam saat malam hari berisiko menurunkan nilai intelligent quotient (IQ) keesokan harinya.

Beberapa Kebiasaan Yang Harus Dihindari Agar Tak Sulit Tidur:

1. Banyak Makan Saat Malam Hari

Banyak makan saat malam hari akan membuat tubuh kekenyangan dan dalam kondisi siaga. Itulah penyebabnya anda akan sulit tidur. Jika memang ingin makan besar, sebaiknya lakukan di awal malam. Hindari juga makaan yang terlalu peds dan banyak garam ketika malam. Hal ini juga penting untuk menghindari berat badan melonjak naik.

2. Jangan Mengkonsumsi Alkohol

Efek yang ditimbukan alkohol berbeda-beda. Efek rileksnya bisa membuat Anda tidur, tapi juga terbangun tengah malam. Jadi tidak benar kalau alkohol bisa membantu Anda tidur cepat. Bila ingin mengkonsumsi alkohol setidaknya satu jam sebelum naik ke atas ranjang.

3. Kurangi Kafein

Usahakan untuk tidak mengkonsumsi minuman berkafein sebelum. Efek kafein bisa bertahan sepuluh hinga dua belas jam setelah tertelan.

4. Batasi Minum

Terlalu bayak minum akan membuat Anda selalu ingin buang air kecil. Akibatnya akan mengganggu tidur Anda karena harus bolak-balik ke kamar kecil.

5. Stop Merokok

Kandungan Nikotin pada rokok selain membahayakan kesehatan juga akan membuat Anda terjaga sepanjang malam.

Terima kasih sudah membaca artikel Kebiasaan Yang Harus Dihindari Agar Tak Sulit Tidur, Semoga bermanfaat

eXTReMe Tracker