Langkah Awal Untuk Menangani Stres

Langkah Awal Untuk Menangani StresMungkin hampir tiap orang pernah mengalami stres. Penyebab stres pun bermacam-macam dari pekerjaan, percintaan atau masalah keluarga. Pekerjaan yang tidak ada habisnya, deadline yang selalu datang sangat cepat ditambah kekasih atau keluarga yang menuntut perhatian membuat Anda tak bisa lagi menghindari stres.

Stres adalah suatu kondisi anda yang dinamis saat seorang individu dihadapkan pada peluang, tuntutan, atau sumber daya yang terkait dengan apa yang dihasratkan oleh individu itu dan yang hasilnya dipandang tidak pasti dan penting.

Stres dapat menampakkan diri dengan berbagai cara. Sebagai contoh, seorang individu yang sedang stres berat mungkin mengalami tekanan darah tinggi, seriawan, jadi mudah jengkel, sulit membuat keputusan yang bersifat rutin, kehilangan selera makan, rentan terhadap kecelakaan, dan sebagainya.

Terdapat riset yang menyimpulkan bahwa stres dapat menciptakan perubahan dalam metabolisme, meningkatkan detak jantung dan tarikan napas, menaikkan tekanan darah, menimbulkan sakit kepala, dan memicu serangan jantung.

Stres yang berkaitan dengan pekerjaan dapat menyebabkan ketidakpuasan terkait dengan pekerjaan misalnya, ketegangan, kecemasan, kejengkelan, kejenuhan, dan sikap yang suka menunda-nunda pekerjaan. Gejala stres bisa dilihat pada perubahan dalam tingkat produktivitas, kemangkiran, dan perputaran karyawan, selain juga perubahan dalam kebiasaan makan, pola merokok, konsumsi alkohol, bicara yang gagap, serta kegelisahan dan ketidakteraturan waktu tidur. Ada banyak riset yang menyelidiki hubungan stres dan kinerja kerja. Pola yang paling banyak dipelajari adalah hubungan U-terbalik yang menggambarkan tingkat stres rendah sampai menengah merangsang tubuh dan meningkatkan kemampuannya untuk bereaksi. Pola U-terbalik ini menggambarkan reaksi terhadap stres dari waktu ke waktu dan terhadap perubahan dalam intensitas stres.

Sebenarnya, stres itu normal terjadi pada semua orang. Hanya cara mengatasinya saja yang berbeda-beda. Seorang dokter yang menjadi Dewan Penasihat Perhimpunan Dokter Spesialis Kesehatan Jiwa Indonesia (PDSKJI), dr. G. Pandu Setiawan, SpKJ mengatakan “Tergantung stresnya seperti apa dan kemampuan kita mengelolanya. Maka kalau sudah punya anak, buatlah pola asuh yang baik, agar suatu saat stres, dia bisa mengolah dan belajar dari orangtuanya,” ungkapnya.

Bentuk langkah awal untuk menangani stres agar tidak semakin memperparah keadaan adalah dengan mengenali gejala awalnya. Gejala awal stres dimulai dari defense mekanisme, stres, kurang sehat, pusing-pusing atau kurang tidur, cemas semakin berat dan selalu mengatakan tidak bisa.

Walaupun demikian selama masih bisa menangani stres dengan baik, tidak perlu bagi mereka untuk datang ke profesional. Justru dengan meminta bantuan orang terdekat, menjadi cara awal untuk meredam perasaan tersebut.

dr. Pandu menambahkan “Kalau bisa diatasi sendiri tidak perlu ke profesional, bisa sama orang terdekat seperti pacar, suami, bapak dan ibu, atau teman juga bisa. Tentunya yang bisa dipercaya dan bukan sembarang orang, karena bisa terjadi komplikasi kalau ceritanya ke orang yang tidak baik. Tapi kalau sudah tidak bisa, baru ke profesional,” tutupnya.

Untuk mengusir stres cara termudah yang dapat dilakukan adalah dengan mendengarkan musik kesukaan anda. Mendengarkan musik cara efektif usir stres. Mendengarkan musik atau lagu-lagu favorit yang menenangkan dapat mengurangi tekanan darah dan mengusir stres. Hal ini telah dibuktikan oleh seorang ilmuwan jepang yang bernama Eri Eguchi. Hasil penelitian Eri Eguchi selama tiga bulan menemukan bahwa responden yang mendengarkan musik atau humor terbukti mengalami penurunan tekanan darah sistolik sebanyak 5-6 poin. Berbeda dengan responden yang tidak mendengarkan musik atau humor, tekanan darah mereka tidak mengalami perubahan.

Terima kasih sudah membaca artikel Langkah Awal Untuk Menangani Stres, Semoga bermanfaat

eXTReMe Tracker