Manfaat Baik Berpuasa Untuk Tubuh

Puasa secara sederhana dapat diartikan menahan diri dari lapar dan haus. Bulan agustus tahun ini bertepatan dengan bulan Ramadhan, dimana umat muslim di Indonesia berpuasa selama satu bulan penuh. Tidak hanya umat muslim, umat agama lainnya juga memiliki tradisi berpuasa.
Banyak manfaat kesehatan yang didapat dari berpuasa, antara lain:

  1. Membatu Proses Diet
  2. pada waktu berpuasa, tubuh akan menjalankan salah satu fungsinya yaitu autolysis dimana tubuh akan mencari tenaganya sendiri dari makanan yang tersimpan menjadi lemak.
    Pada penderita diabetes puasa merupakan salah satu kontrol yang membuat perubahan gaya hidup dan pola makan sehingga akan memperbaiki kondisi mereka.

  3. Membantu Proses Detoksifikasi Pada Tubuh
    Puasa Adalah Cara Berobat Yang Terbaik. Pada awal-awal puasa tubuh akan mengeluarkan sejumlah racun atau toksin melalui aliran darah, pori dan organ pembuangan lain. Ini terlihat dari menebalnya lapisan lidah dan nafas yang biasanya lebih berbau pada awal-awal puasa. Selanjutnya, proses pembersihan toksin pada tubuh disempurnakan. Lemak tubuh yang tidak bermanfaat, racun yang terakumulasi dalam sel tubuh akan dikeluarkan. Sel yang sakit, sel-sel mati, lapisan lendir menebal di dinding usus, limbah aliran darah dikeluarkan lewat hati, limpa, dan ginjal.

    • Puasa dapat mengatasi kecanduan nikotin dalam rokok. Pengurangan rokok di siang hari membantu tubuh melakukan pembersihan racun yang terkumpul lama secara maksimal.
    • Puasa juga dapat merendahkan gula dalam darah, kolestrol serta merendahkan tekanan darah sistolik.
  4. Meningkatkan Kesuburan Pada Pria
  5. Puasa akan membantu meningkatkan kesuburan pada pria dan menghasilkan kwalitas sperma yang baik.

  6. Membuat Awet Muda dan Energik
  7. Puasa berarti memberikan waktu istirahat pada sistem pencernaan sehingga energi disimpan untuk menyembuhkan diri dan memperbaiki sel tubuh. Energi akan digunakan untuk membersihan dan detoksifikasi usus, darah, serta menyembuhkan sel-sel tubuh dari berbagai penyakit. Puasa meningkatkan kekebalan tubuh, meningkatkan kesehatan fisik dan mental serta  meremajakan tubuh.

  8. Puasa Dapat Meningkatkan Kecerdasan
  9. Pada saat puasa, tugas otak akan berkurang. Karena inilah otak dapat bekerja dengan baik. Puasa juga membantu meningkatkan daya ingat. Saat kita berpuasa hormon opioids akan digunakan lebih efektif dimana hormon ini berfungsi untuk menenangkan dan membantu meningkatkan fokus dan produktivitas. Racun yang dibersihkan dari sistem limfatik meningkatkan konsentrasi dan energi untuk melakukan aktivitas.

Terima kasih sudah membaca artikel Manfaat Baik Berpuasa Untuk Tubuh, Semoga bermanfaat

eXTReMe Tracker