Manfaat Air Kelapa Muda Untuk Tubuh Dan Ibu hamil

Air kelapa muda memang sangat menyegarkan. Apalagi kalau ditambah es (es kelapa muda) dan diminum saat siang hari, pasti segar sekali. Tidak salah bila es kelapa muda banyak dikreasikan dalam bentuk minuman yang beraneka ragam. Ada yang menggunakannya sebagai campuran es teler, es campur, minuman nata, es kelapa muda, atau air kelapa dalam kemasan.

Berikut ini beberapa manfaat air kelapa muda untuk tubuh dan ibu hamil:

1. Air kelapa muda memiliki banyak kandungan yaitu gula glukosa sebanyak 2%, klorida, potasium, magnesium, sodium, riboflavin sedikit mineral natrium dan kalsium.

  • Membantu Mengurangi Efek Buruk Demam
    Pada saat seseorang mengalami demam, orang tersebut akan susah untuk berkeringat dan buang air. Air glukosa dalam air kelapa muda bersifat endoterm (menyerap suhu panas dari lingkungan sekelilingnya), sehingga berakibat mendinginkan dan akan membantu agar cepat berkeringat dan meredakan demamnya.
  • Mengembalikan Stamina Tubuh
    Sebagai isotonik alami yang kaya mineral dan memiliki elektrolit sama dengan elektrolit tubuh, air kelapa muda sangat bermanfaat untuk rehidrasi dan memulihkan stamina tubuh. Hal ini sangat penting untuk ibu-ibu hamil. Karena pada saat hamil, ibu hamil akan lebih cepat mengalami dehidrasi. Bila tidak segera ditangani dapat menyebabkan berbagai komplikasi, termasuk sakit kepala, kram, edema dan bahkan kontraksi yang dapat menyebabkan persalinan prematur.

2. Mengeluarkan Toksin Dari Tubuh

  • Sebagai diuretik natural yang steril, air kelapa muda melancarkan air seni dan membantu membersihkan saluran kemih. Hal ini berkhasiat mengeluarkan zat-zat toksin dari tubuh dan mencegah infeksi saluran kemih– yang juga cukup umum terjadi pada ibu hamil.
  • Air kelapa muda mengandung asam lauric, asam yang membantu melawan penyakit. Asam lauric yang terkandung dalam air kelapa sama dengan yang terdapat di air susu ibu dan memiliki karakteristik antijamur, antibakteri dan antivirus sehingga menjaga kesehatan ibu hamil dan bayi yang dikandung dari virus seperti herpes dan HIV, protozoa giardia lamblia serta bakteri klamidia dan heliokobater.

3. Melarutkan Racun

  • Air kelapa muda, juga mampu melarutkan racun yang agak pekat dalam perut, hingga daya racunnya berkurang. Hanya racun yang terlalu pekat (obat serangga untuk bunuh diri, misalnya) tidak mungkin diencerkannya. Zat yang terkandung dalam air kelapa muda yaitu kadar glukosanya masih pekat maka, daya serap panasnya juga besar. Jadi dapat dipakai sebagai obat.

4. Membantu Pencernaan

  • Air kelapa juga dipercaya memperbaiki fungsi pencernaan. Air kelapa dapat membantu meningkatkan kecepatan pencernaan. Hal ini penting untuk ibu hamil. Karena pada saat kehamilan, plasenta memproduksi hormon progesteron yang memperlambat kontraksi otot lambung sehingga pencernaan pun melambat.

5. Meningkatkan HDL

  • Air kelapa muda tidak mengandung lemak dan kolesterol, bahkan menurut riset dapat meningkatkan kolesterol baik (HDL) di dalam tubuh.

Terima kasih sudah membaca artikel Manfaat Air Kelapa Muda Untuk Tubuh Dan Ibu hamil, Semoga bermanfaat

eXTReMe Tracker