Manfaat Telur Untuk Menguruskan Badan

Telur adalah salah satu bahan makanan yang mudah diolah dan ditemukan di pasaran. Selain itu telur juga dapat membantu menguruskan badan.

Sebagai bahan makanan telur mempunyai kandungan gizi yang cukup lengkap, meliputi karbohidrat, protein dan delapan macam asam amino sehingga berguna bagi tubuh, terutama bagi anak-anak yang masih berada dalam masa pertumbuhan. Kuning telur merupakan salah satu sumber vitamin B-kompleks dan choline yang dikenal baik untuk membantu fungsi sistem syaraf. Choline yang terkandung dalam kuning telur membantu perkembangan otak pada janin ketika dikonsumsi wanita hamil selain itu juga memicu rasa bahagia. Choline akan berubah menjadi zat yang membantu produksi hormon bahagia seperti serotonin, dopamin dan norephinephrine.

Manfaat telur yang lain adalah untuk menguruskan badan. Rahasia telur untuk mengurusukan badan terletak pada kandungan proteinnya. Protein pada telur berkualitas paling baik. Sebab kandungan protein di dalam telur mudah diserap dan langsung digunakan oleh tubuh sebagai bahan bakar untuk aktivitas yang lebih maksimal. Hal itu diungkapkan oleh pakar nutrisi Cynthia Sass, R.D.

Ada satu studi yang menemukan bahwa sarapan dengan telur bisa membantu mengurangi hasrat makan makanan bergula dan berlemak saat jam makan siang, ketimbang sarapan sereal dan susu. Dengan sarapan telur juga akan membantu mengurangi kebiasaan buruk ngemil sepanjang hari yang dapat menyebabkan kegemukan.

Sebuah penelitian di University of Missouri kembali membuktikan bahwa asupan protein dalam menu sarapan pagi sangat menentukan keberhasilan diet untuk mengruruskan badan. Protein membuat nafsu makan lebih terkontrol sehingga hasrat ngemil bisa dikendalikan.

Penelitian tersebut melibatkan sebanyak 20 remaja putri dan orang dewasa berusia 18-20 tahun yang seluruhnya mengalami obesitas. Sebagian dari para partisipan diberi asupan makanan tinggi protein seperti telur dan daging asap saat sarapan, sebagian lagi dengan kandungan protein standar. Para partisipan kemudian diminta untuk mengisi kuesioner untuk melihat seberapa besar hasrat untuk ngemil yang dirasakan sepanjang harinya. Selain itu, sebelum makan malam para partisipan juga menjalani pemindaian otak untuk melihat aktivitas pusat pengaturan nafsu makan.

Hasil pengamatan menunjukkan, sarapan tinggi protein memberikan sensasi kenyang lebih lama dan mengurangi rasa lapar. Perubahan ini juga teramati dari hasil pemindaian, yang menunjukkan bahwa aktivitas di bagian pengaturan nafsu makan berkurang berkat sarapan tinggi protein.

Untuk itu tidak perlu takut untuk mengonsumsi telur setiap hari. Selain baik untuk kesehatan, pelan-pelan telur juga akan membantu menguruskan badan.

Terima kasih sudah membaca artikel Manfaat Telur Untuk Menguruskan Badan, Semoga bermanfaat

eXTReMe Tracker