Mari Hindari Gangguan Depresi Dengan Curhat

Mari Hindari Gangguan Depresi Dengan Curhat Saat mengalami banyak masalah atau depresi, curhat dengan orang-orang terdekat adalah salah satu cara yang ampuh. Curhat atau menyampaikan curahan hati membuat pikiran terasa lebih lega, karena beban pikiran tidak hanya dipendam sendirian.

Depresi adalah suatu kondisi yang lebih dari suatu keadaan sedih sehingga menyebabkan terganggunya aktivitas sosial sehari-harinya. Beberapa gejala gangguan depresi adalah perasaan sedih, rasa lelah yang berlebihan setelah aktivitas rutin yang biasa, hilang minat dan semangat, malas beraktivitas, dan gangguan pola tidur. Depresi merupakan salah satu penyebab utama kejadian bunuh diri.

Penyebab suatu kondisi gangguan depresi meliputi:

1. Faktor organobiologis
Adalah penyebab gangguan depresi dikarenakan ketidakseimbangan neurotransmiter di otak terutama serotonin.

2. Faktor psikologis
Adalah penyebab gangguan depresi dikarenakan tekanan beban psikis, dampak pembelajaran perilaku terhadap suatu situasi sosial.

3. Faktor sosio-lingkungan
Adalah penyebab gangguan depresi dikarenakan kehilangan pasangan hidup, kehilangan pekerjaan, paska bencana, dampak situasi kehidupan sehari-hari lainnya.

Para peneliti dari University of Bristol, Inggris telah melakukan survey terhadap 470 orang yang mengidap berbagai jenis gangguan depresi. Kemudian orang-orang tersebut dibagi menjadi dua kelompok. Kelompok pertama menjalani terapi kognitif-behavioral sebagai bentuk terapi bicara dan dipadukan dengan obat-obatan antidepresan. Sedangkan kelompok kedua hanya mendapat perawatan konvensional dengan obat-obatan.

Hasil dari penelitian tersebut sangat mengejutkan. 46% partisipan di kelompok pertama terbukti mengalami penyembuhan setelah enam bulan. Sedangkan untuk kelompok kedua hanya 22% yang menunjukkan perubahan positif. Hal tersebut disebabkan oleh terapi bicara yang dijalani para sukarelawan di kelompok pertama terbukti ampuh menekan kadar gangguan depresi. Seperti yang dilansir oleh Genius Beauty, lewat terapi ini, para sukarelawan diperbolehkan untuk mengeluarkan unek-unek mereka kepada para terapis yang membuat mereka merasa lega dan terbebas dari depresi.

Terima kasih sudah membaca artikel Mari Hindari Gangguan Depresi Dengan Curhat, Semoga bermanfaat

eXTReMe Tracker