Mengenal Lebih Dalam Manfaat Vitamin E

Penemuan vitamin E berawal dari eksperimen yang dilakukan oleh seorang dokter yang berasal dari California, Dr. H.M Evans. Pada tahun 1922, Dr. H.M Evans berasil menemukan sebuah substansi penting yang berguna untuk mempertahankan kehamilan normal tikus betina. Apabila substansi tersebut tidak ada akan berakibat janin dalam kandungan tikus dapat mati dalam 10 hari. Dari penemuan tersebut akhirnya substansi itu dikenal dengan istilah tocoferol. Tocoferol (dari bahasa Yunani, tocos berarti kelahiran anak dan phero berarti mengasuh). Vitamin E adalah nama umum untuk semua metil-tokol, jadi istilah tokoferol bukan sinonim dari dari vitamin E, namun pada praktek sehari-hari, kedua istilah tersebut disinonimkan.

Saat ini sudah banyak yang mengetahui manfaat vitamin E. Sebagian besar manfaat vitamin e diperlukan oleh wanita.

Mari mengenal lebih dalam manfaat vitamin E seperti berikut ini.

1. Merawat Reproduksi Wanita

Vitamin E sudah terbukti untuk merawat hal-hal yang berhubungan dengan reproduksi pada wanita. Vitamin E sangat penting untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Selain itu vitamin E juga bermanfaat untuk mencegah kemandulan, mencegah keguguran, mengurangi kelainan menstruasi, mengurangi peradangan pada vagina, dan juga menjaga kesuburan benih.

2. Merawat Sel Darah Merah

Vitamin E berfungsi sebagai pelindung sel darah merah dari kerusakan yang disebabkan oleh racun, memperkuat dinding kapiler darah, juga mencegah sterilitas dan distrofi otot.
Distrofi otot yang dimaksud adalah suatu kelompok penyakit yang terdiri dari 30 jenis penyakit genetik yang ditandai dengan kelemahan progresif dan degenerasi (kemunduran) otot rangka dalam mengendalikan gerak tubuh. Pada seorang anak, gejala distrofi ditunjukkan berupa tubuh bergoyang saat mulai berjalan atau berlari, menggunakan jari kaki dibandingkan kaki keseluruhan untuk berjalan, umumnya otot betis membesar yang disebut pseudohipertrofi, dan terjadi lordosis.

3. Sebagai Antioksidan Alami

Manfaat vitamin E sebagai antioksidan alami berhubungan dengan banyaknya radikal bebas yang berbahaya untuk kulit. Kandungan alfa-tokoferol aktif pada vitamin E dapat diregenerasi oleh vitamin C sehingga dapat menhambat oksidasi radikal bebas peroksi.

4. Merawat Kecantikan dan Kelembaban Kulit

Setiap orang direkomendasikan mengonsumsi tak lebih dari 22.4 IU setiap hari. Sejak dulu, vitamin E memang dikenal baik untuk menjaga kecantikan kulit. Sehingga Vitamin E kerap dijadikan salah satu bahan unggulan dalam berbagai produk kecantikan kulit. Mengkonsumsi rutin vitamin E juga bermanfaat melembabkan kulit. Sehingga Vitamin E sangat baik untuk yang berkulit kering dan sangat kering.

Sumber Vitamin E

Sumber vitamin E sangat mudah kita temukan. Sumber vitamin E secara alami dapat kita temukan dalam sayuran berdaun hijau, susu, mentega, selada, buah-buahan, kacang-kacangan, dan polong.

Sumber-sumber lain yang kaya akan vitamin E antara lain minyak tumbuh-tumbuhan, biji-bijian dan telur. Kolustrum manusia dan sapi mengandung vitamin E sepuluh kali lebih tinggi daripada susunya. Minyak kapas, minyak jagung, dan minyak lembaga gandum mengandung vitamin E sekitar 0,01 – 0,05 persen.

Kekurangan vitamin E dapat menyebabkan tubuh tidak bertenaga, aktifitas seksual menurun, deposit lemak yang tidak normal di otot, perubahan degenerasi di hati dan otot, kulit kering, dan peningkatan resiko kanker.

Jangan sampai kita kekurangan vitamin E. Sekarang sudah banyak produsen yang menjual vitamin E dalam bentuk kapsul sehingga dengan mudah kita dapat memenuhi akan asupan vitamin E.

Terima kasih sudah membaca artikel Mengenal Lebih Dalam Manfaat Vitamin E, Semoga bermanfaat

eXTReMe Tracker