Olahraga Lompat Tali Bantu Menurunkan Nafsu Makan

Apakah anda termasuk orang yang memiliki nafsu makan besar? Seseorang yang memiliki nafsu makan besar selalu ingin memasukkan makanan ke dalam mulut sehingga kesulitan dalam menjaga berat badannya cenderung memiliki berat badan berlebih.

Salah satu cara mudah yang dapat anda lakukan untuk menurunkan nafsu makan adalah dengan melakukan lompat tali. Lompat tali atau biasa disebut dengan skipping, adalah salah satu jenis olahraga cardio yang mudah dilakukan dan sangat praktis dilakukan untuk mendapatkan tubuh sehat dan segar.

Skipping, Meskipun terkesan sepele, tetapi tahukah Anda bahwa olahraga yang satu itu selain mudah untuk dilakukan karena hanya membutuhkan tali skipping juga sangat bermanfaat bagi tubuh. Olahraga dengan tali ini dapat menggerakan setiap otot yang ada ditubuh Anda. Lompat tali sendiri dikategorikan sebagai weight-bearing exercise atau olahraga dengan pembebanan. Beberapa jenis olahraga serupa adalah senam aerobik, jalan kaki, joging, dan berlari.

Olahraga lompat tali selain dapat menyehatkan tubuh ternyata setelah diteliti oleh tim peneliti di Universitas Waseda, Jepang dapat membantu menurunkan nafsu makan. Dalam penelitian tersebut, orang-orang yang menjadi responden melakukan lompat tali dengan interval tiga selama 10 menit, dengan lima menit istirahat disela-sela lompatan terbukti mengalami penurunan nafsu makan lebih besar dibandingkan dengan mereka yang melakukan rutinitas bersepeda yang juga terstruktur.

Dalam penelitian tersebut peneliti menduga bahwa gerakan naik turun saat melakukan lompat tali tersebut mengganggu kinerja usus sehingga menghambat produksi hormon yang menyebabkan rasa lapar. Efek ini melibatkan hormon yang meregulasi nafsu makan yang dikeluarkan oleh usus, seperti ghrelin. “Gangguan” pada usus yang ditimbulkan dengan berolahraga akan mempengaruhi produksi hormon lapar tersebut.

Penelian tentang efek menurunkan nafsu makan dengan olahraga lompat tali yang dimuat dalam sebuah studi dalam jurnal Appetite juga menemukan fakta yang sama. Meskipun sama-sama mengeluarkan banyak energi, bersepeda tidak bisa menahan lapar. Dalam penelitian tersebut Para peneliti melakukan percobaan pada 15 pria sehat yang berusia 24 tahun. Dalam hari yang terpisah, para peserta melakukan tiga perlakuan berbeda, yaitu lompat tali, bersepeda, dan beristirahat. Para peneliti menentukan waktu bagi masing-masing latihan agar energi yang dikeluarkan memiliki nilai yang sama.

Selama melakukan latihan, para peserta menerima pengukuran untuk kadar hormon lapar, dan ditanya seberapa lapar, serta keinginan mereka untuk memakan makanan asin, manis, asam, dan berlemak. Hasil menunjukkan para peserta merasa lebih tidak lapar saat melakukan latihan bersepeda dan lompat tali dibandingkan dengan mereka yang beristirahat. Rasa ini tetap bertahan hingga 15 menit setelah berolahraga. Peserta yang melakukan lompat tali bahkan lebih sedikit merasa lapar dibandingkan dengan mereka yang bersepeda, hingga 25 menit setelah latihan. Untuk keinginan makan makanan berlemak, secara umum peserta mengalami penurunan saat sedang berolahraga, khususnya bagi peserta yang melakukan lompat tali. Hasil tersebut dibandingkan dengan mereka yang tidak melakukan latihan.

Namun setelah selesai melakukan latihan, peserta yang bersepeda merasa lebih lapar dari pada mereka yang tidak melakukan latihan. Para peneliti menyimpulkan hal ini dikarenakan mereka membutuhkan energi pengganti setelah berolahraga. Istimewanya, rasa lapar setelah latihan ini tidak dirasakan oleh mereka yang melakukan lompat tali.

Berikut ini tips melakukan lompat tali untuk menurunkan nafsu makan seperti yang diberikan oleh Seorang instruktur olahraga, Patrick Goudeau dari Nike Elite Fitness.

1. Pertama lakukan pemanasan dengan jogging (lari) di tempat selama 30 detik. Setelah itu lakukan 20 kali jumping jack dilanjutkan dengan body squat sebanyak 10 kali. Ulangi rangakaian gerakan tersebut selama 4 menit.

2. Lakukan lompat tali selama 1 menit, kemudian istirahat selama 20 detik.

3. Lakukan lompat tali selama 2 menit, kemudian istirahat selama 40 detik.

4. Lakukan lompat tali selama 3 menit, kemudian istirahat selama 1 menit.

Selamat mencoba.

Terima kasih sudah membaca artikel Olahraga Lompat Tali Bantu Menurunkan Nafsu Makan, Semoga bermanfaat

eXTReMe Tracker