Penyebab Sering Lupa

Apakah anda pernah melupakan sesuatu? Seperti lupa meletakkan sesuatu, melupakan janji yang dibuat, lupa mengunci pintu, dan banyak hal lainnya. Padahal umur masih muda, lalu kenapa bisa cepat lupa?

Jawabannya adalah kesibukan. Penelitian tentang sering lupa ini telah dilakukan oleh Avery Office and Consumer Products yang membuat survey kepada 2000 orang untuk mengetahui penyebab kelupaan yang mereka alami sehari-hari.

Hasilnya, lebih dari setengah responden mengaku sering lupa akibat terlalu banyak kegiatan yang harus dilakukan, hingga hal-hal penting lainnya jadi terlupakan.

Seperempat responden menjawab, terlalu banyak hal yang harus mereka ingat dan tanamkan di pikiran.

Terlalu sibuk dan tidak sempat melakukan hal-hal remeh menjadi alasan ketiga yang membuat seseorang sering lupa.

Ada beberapa teori tentang lupa:
1. Decay: Lupa terjadi karena pengaruh usia, kapasitas otak yang mulai berkurang karena penambahan usia.
2. Interference theory: adanya informasi yang baru, yang mengganggu informasi yang lama, sehingga kita cenderung melupakan hal lama tersebut.
3. Replacement: jika kita terbiasa dengan sesuatu informasi, kemudian informasi itu diganti, kemungkinan besar kita akan lupa dengan informasi yang baru itu. Misalkan kita udah terbiasa parkir di pinggir jalan A. Ketika kemudian di pinggir jalan A diberi rambu untuk memutar, kemungkinan besar kita akan tetap parkir disitu karena adanya lupa tersebut.
4. Cue-dependent: kemungkinan informasi yang kita sudah masukan ke LTM dapat diproses ulang dengan lancar, tapi kadang kita hanya mengingat bagian-bagian isyarat yang menunjukkan informasi itu, disana kita lupa akan “full-information” nya, tetapi kita mengingat segala clue yang menuju kepada informasi tersebut.

Untuk mengurangi sering lupa ini, salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan rajin mencatat di catatan kecil. Misalnya nama orang yang baru dikenal, nomor telepon penting, alamat, dan juga catatan-catatan penting tentang pekerjaan.

Terima kasih sudah membaca artikel Penyebab Sering Lupa, Semoga bermanfaat

sering lupa , penyebab sering lupa , mengapa kita sering lupa , kenapa sering lupa , penyebab lupa dan cara mengatasinya , mengapa sering lupa , kenapa kita sering lupa , akibat sering lupa , penyebab kelupaan , Penyebab sering lupa dan cara mengatasinya , mengapa anak sering lupa , penyebab anak sering lupa , pengaruh sering lupa , penyebab lupa , sering lupa gejala apa
eXTReMe Tracker