Peranan Penting Protein Dalam Proses Penurunan Berat Badan

Protein berasal dari kata protos dari bahasa Yunani yang berarti “yang paling utama” yang ditemukan oleh Jöns Jakob Berzelius pada tahun 1838. Protein merupakan salah satu dari biomolekul raksasa, selain polisakarida, lipid, dan polinukleotida, yang merupakan penyusun utama makhluk hidup. Selain sebagai peyusun utama dalam makhluk hidup, peranan penting protein adalah sebagai pendukung dalam proses penurunan berat badan.

Dalam kaitannya dengan proses penurunan berat badan atau yang lebih dikenal dengan diet, peranan protein sangat penting dan menjadi salah satu jenis nutrisi makro yang sangat utama. Hal ini dikarenakan dengan mengkonsumsi makanan yang kaya protein membuat Anda merasa kenyang lebih lama dan mengurangi keinginan untuk ngemil. Tak hanya itu, protein juga bisa membuat seseorang makan lebih sedikit. Hal ini bisa mengurangi asupan energi setiap hari.

Dalam melakukan diet, seseorang disarankan untuk mengkonsumsi 25 – 35 persen energi total dari makanan yang kaya protein. Seiring bertambahnya usia seseorang maka akan semakin banyak juga jumlah protein yang diperlukannya. Hal ini karena protein tak lagi bisa diserap dan digunakan secara efektif ketika seseorang semakin menua.

Dengan demikian diharapkan untuk selalu memenuhi kebutuhan protein anda setiap harinya. Beberapa makanan yang mengandung protein tinggi di antaranya adalah kedelai, ayam, daging babi, tumbuhan berbji, Suku polong-polongan dan kentang.

Selain untuk proses penurunan berat badan (diet) protein memiliki manfaat lain, yaitu :

- Sumber energi
- Pembetukan dan perbaikan sel dan jaringan
- Sebagai sintesis hormon,enzim, dan antibodi
- Pengatur keseimbangan kadar asam basa dalam sel
- Sebagai cadangan makanan

Pada anak-anak peranan protein sangat penting untuk memenuhi kebutuhan perkembangan tubuh mereka, terutama saat mereka berkembang cepat.

Sementara orang dewasa membutuhkan protein untuk memperbaiki bagian tubuh yang rusak, terutama bagian otot.

Terima kasih sudah membaca artikel Peranan Penting Protein Dalam Proses Penurunan Berat Badan, Semoga bermanfaat

eXTReMe Tracker