Perbedaan Roti Putih dan Roti Gandum

Banyak yang penasaran perbedaan mengkonsumsi roti gandum dan roti putih padahal sama-sama berasal dari gandum. Yang membuat perbedaan dari roti putih dan roti gandum adalah dari proses pembuatannya.

Roti Putih :

  • Roti putih terbuat dari tepung terigu. Tepung terigu adalah tepung hasil penggilingan biji gandum yang paling dalam (endosperm).
  • Roti putih cenderung berwana kuning keemasan.
  • Kandungan Serat pada roti putih lebih lebih rendah dari roti gandum.
  • Roti putih mengandung karbohidrat dan energi yang lebih tinggi dari roti gandum.

Roti Gandum :

  • Roti gandum terbuat dari tepung gandum. Tepung gandum merupakan hasil penggilingan biji gandum utuh yang hanya dibuang kulit luarnya saja, sehingga kandungan seratnya lebih tinggi daripada tepung terigu putih.
  • Roti gandum yang asli adalah roti yang terbuat dari 100 persen tepung gandum. Roti gandum yang berkualitas baik dapat dilihat dari remah yang berwarna gelap dan memiliki butir-butiran cokelat yang berasal dari kulit ari biji gandum. Roti gandum asli juga bisa dilihat dari kulit roti (crust) yang lebih gelap dan kasar.
  • Kandungan serat pada roti gandum hampir enam kali lipat kandungan serat pada roti putih. Selain itu, roti gandum mempunyai kandungan karbohidrat dan energi yang sedikit lebih rendah dibanding roti putih. Hal itu yang menyebabkan roti gandum baik untuk menjaga berat badan ideal dan menu pilihan untuk diet.

Terima kasih sudah membaca artikel Perbedaan Roti Putih dan Roti Gandum, Semoga bermanfaat

cara membuat roti gandum , perbedaan roti gandum dengan roti biasa , roti gandum adalah , beda gandum dan terigu , perbedaan gandum dan terigu , resep roti gandum , perbedaan roti gandum dan roti putih , resep roti gandum utuh , beda terigu dan gandum , perbedaan roti putih dan roti gandum , perbedaan tepung terigu dan tepung gandum , beda tepung terigu dan gandum , membuat roti gandum , roti yang terbuat dari gandum , ciri ciri roti gandum
eXTReMe Tracker