Tetap Sehat Saat Puasa Dengan Obat Herbal

Lagi menjalankan ibadah puasa? coba deh minum obat herbal agar tetap sehat. dr Abrijanto SB seorang Manajer Business Development PT Deltomed Laboratories mengatakan kondisi tubuh yang sehat dan bugar selama menjalani puasa ada kecenderungan mengalami penurunan yang terjadi pada orang dewasa dan anak-anak. “Agar kondisi tubuh tetap sehat atau tidak terganggu masyarakat memilih obat herbal karena khasiatnya yang setara dengan pengobatan konvensional,” katanya.

Obat herbal adalah obat yang diolah dengan cara lama, turun-temurun, menurut resep nenek moyang, adat-istiadat, keyakinan, atau rutinitas warga, baik berbentuk ajaib ataupun bisa alami. Sebagian perusahaan memproses obat herbal yang dimodifikasi selanjutnya. Obat herbal mudah dijumpai baik di swalayan maupun pasar yang dijual dalam bentuk kapsul, serbuk, cair serta tablet.

Penggunaan obat herbal memiliki efek samping negatif yang sangat kecil jika dibandingkan dengan obat–obatan medis modern. Hal ini dikarenakan, bahan baku obat herbal sangat alami atau tidak bersifat sintetik.

Kelebihan lain obat herbal yaitu:

1. Pada umumnya, harga obat herbal lebih murah jika dibandingkan dengan obat–obatan buatan pabrik, karena bahan baku obat–obatan buatan pabrik sangat mahal dan harganya sangat tergantung pada banyak komponen.
2. Bahan obat herbal sangat mudah didapatkan di sekitar lingkungan, bahkan dapat ditanam sendiri untuk persediaan keluarga.
3. Pengolahan ramuannya juga tidak rumit, sehingga dapat dibuat di dapur sendiri tanpa memerlukan peralatan khusus dan biaya yang besar. Hal tersebut sangat berbeda dengan obat-obatan medis yang telah dipatenkan, yang membutuhkan peralatan canggih dalam proses pembuatannya dan butuh waktu sekitar 25 tahun agar diakui oleh Badan Kesehatan Dunia (WHO).

Obat herbal baik dikonsumsi oleh orang dewasa maupun anak-anak tetapi penggunaan obat herbal untuk anak-anak tentunya berbeda dengan orang dewasa. Sebagai contohnya adalah jahe. Jahe berguna untuk menghangatkan badan, apabila penggunaannya berlebih maka akan dapat menyebabkan iritasi lambung pada anak-anak.

Salah satu resep obat herbal agar tetap sehat saat puasa seperti berikut ini:

Bahan:
- Jahe 1/2 rimpang jari
- Kunyit 1/2 rimpang jari
- Jeruk nipis ½ buah
- Kayu manis 1 batang
- Madu asli 2 sendok teh

Cara Membuat:
- Jahe dan kunyit digeprek dan dimasukkan kedalam poci lalu seduh kurang lebih selama 5 menit.
- Saringlah dan airnya dimasukkan ke dalam gelas, masukkan batang kayu manis.
- Masukkan perasan jeruk nipis dan campur dengan madu.
- Minum selagi hangat kuku.
- Baik diminum 1-2 kali sehari. Pada saat sahur dan berbuka puasa.

Dengan banyaknya masyarakat yang memilih obat herbal untuk menjaga kesehatan tubuh maupun pengobatan alami menunjukkan mereka makin sadar bahwa obat herbal sangat penting bagi kesehatan. Yuk ciptakan gaya hidup sehat dengan mengajarkan anak-anak mengonsumsi obat herbal sejak dini.

Terima kasih sudah membaca artikel Tetap Sehat Saat Puasa Dengan Obat Herbal, Semoga bermanfaat

eXTReMe Tracker