Tips Agar Tidak Mabuk Perjalanan

Saat melakukan perjalanan yang cukup jauh, mabuk perjalanan menjadi persoalan yang lazim dialami terutama untuk anak-anak.

Mabuk perjalanan biasanya disebabkan oleh kondisi fisik yang kurang fit maupun gangguan yang datang dari luar. Mabuk perjalanan biasanya ditunjukkan oleh gejala seperti pusing, mual, sakit perut dan bahkan muntah.

Penyebab Mabuk Perjalanan

Mabuk perjalanan, dalam dunia medis dikategorikan sebagai penyakit Vertigo (Inggris: motion sickness), dengan gejala pusing, keringat dingin, mual (nausea), muntah (vomiting) dan lemas.

Penyebab mabuk perjalanan adalah karena terganggunya sistem keseimbangan tubuh, dimana komponen-komponen sistem tersebut yaitu sistem syaraf pusat (otak), bagian dalam telinga, mata dan jaringan terdalam permukaan tubuh (proprioceptors), tidak bekerja secara sinkron.

Secara sederhana dapat dikatakan bahwa mabuk perjalanan diakibatkan oleh kacaunya sistem saraf yang mendeteksi gerakan tubuh. Ketika tubuh kita bergerak secara alami, sistem saraf akan terkoordinasi dengan baik. Namun ketika tubuh kita bergerak menggunakan alat transportasi, sistem saraf ini mengirim pesan yang bertentangan ke otak.

Misalnya saat kita berada di dalam kabin kapal yang sedang bergerak. Saraf di bagian dalam telinga akan mendeteksi gerakan gelombang laut, tetapi mata kita tidak. Jika terjadi dalam waktu lama, tubuh akan mengalami ganguan mabuk perjalanan.

Kegiatan yang sering menjadi penyebab mabuk perjalanan adalah membaca buku di dalam mobil. Saat mobil sedang bergerak mata dan tubuh tidak memberikan sinyal adanya pergerakan ke otak, sementara telinga bagian dalam merespon gerakan kendaraan dan memberitahukannya ke otak, konflik informasi yang diterima otak inilah yang menyebabkan terjadinya mabuk perjalanan.

Penyebab mabuk perjalanan lainnya adalah bau-bau tajam seperti asap rokok dan wewangian, kurangnya kadar oksigen dan banyaknya kadar karbon dioksida di dalam kendaraan, serta sistem suspensi kendaraan yang tidak baik dan jalanan yang tidak rata.

Ada beberapa cara yang dapat anda coba untuk mengatasi mabuk perjalanan, diantaranya :

1. Asupan makan yang cukup

saat melakukan perjalanan jauh anda harus mengkonsumsi makanan dalam jumlah yang cukup. Perut kosong membuat tubuh menjadi lemah dan rentan mengalami mual-mual. Jika tidak sempat makan sebelum perjalanan dimulai, Anda dapat ngemil makanan ringan selama di kendaraan. Rahang yang aktif mengunyah dan pencernaan yang sibuk mengolah makanan dapat mengalihkan rasa mual dan pusing akibat pergerakan kendaraan.

Tetapi hindari menyantap makanan besar karena perut yang penuh membuat Anda gampang mual dan muntah. Minuman beralkohol serta makanan yang berbumbu keras sebaiknya juga dihindari karena bisa menyebabkan gangguan lambung.

2. Menikmati pemandangan di luar kendaraan

Usahakan untuk tidak membaca atau menggunakan gadget di dalam kendaraan. Karena akan menyebabkan anda terlalu fokus menatap satu objek yang dekat.

Mabuk perjalanan terjadi ketika otak melihat gerakan yang tidak cocok seperti apa yang ditangkap oleh telinga bagian dalam. Telinga bagian dalam Anda dapat merasakan bahwa Anda sedang bergerak, tetapi jika mata Anda hanya terfokus pada bagian dalam kendaraan saja, telinga bagian dalam akan mengirimkan sinyal ke otak bahwa Anda tidak bergerak.

Menikmati pemandangan di luar kendaraan selain membuat santai juga akan akan mengirim sinyal ke otak bahwa tubuh Anda sedang bergerak.Fokuskan pandangan pada objek-objek yang jauh untuk mengurangi pesan simpang-siur yang terkirim ke otak dari lingkungan.

Perhatikan bagian luar kendaraan seperti jalanan dan pemandangan yang Anda temukan sepanjang jalan ketika berkendara untuk menyinkronkan mata dengan telinga bagian dalam.

Jika memungkinkan, buka jendela kendaraan sehingga hembusan angin bisa menerpa wajah Anda. Dengan cara ini, saraf-saraf di kulit akan menerima pesan bahwa tubuh Anda sedang bergerak.

3. Memilih tempat duduk yang nyaman dan stabil

Bila menggunakan bis atau bus, pilihlah kursi depan kendaraan agar Anda dapat lebih mudah untuk fokus pada objek di luar kendaraan. Misalnya kursi yang nyaman dan menghadap ke depan seperti di dekat jendela dan di samping supir.Hal ini akan mengurangi pusing dan mual ringan. Orang yang gampang mabuk perjalanan akan langsung pusing jika posisi tempat duduknya berlawanan arah dengan laju kendaraan.

Hindari kursi-kursi di bagian belakang karena posisi ini sering mengalami goncangan keras.Posisi tempat duduk yang banyak mengalami goncangan membuat kita gampang mabuk.

Saat naik pesawat terbang, cobalah pilih tempat duduk yang berada di dekat sayap pesawat karena bagian ini paling stabil. Sedangkan untuk kapal laut, dek-dek di bagian atas adalah bagian yang paling sedikit merasakan goncangan gelombang laut.Saat menggunakan kereta api, usahakan pilih tempat duduk yang menghadap ke depan supaya tubuh Anda lebih nyaman.Karena kereta api adalah alat transportasi yang paling banyak memiliki tempat duduk dengan posisi tempat duduk yang berlawanan arah dengan laju kendaraan.

Perhatikan dan siapkan tubuh mengikuti arah gerak kendaraan.

4. Meminum obat anti mabuk

Minum obat anti mabuk perjalanan setidaknya 30 menit sebelum berangkat.Meminum obat anti mabuk bisa mengurangi rasa mual dan pusing. Saat naik kendaraan umum, sebaiknya Anda juga membatasi konsumsi obat membuat Anda kurang waspada terhadap ancaman kejahatan.

Ada beberapa jenis obat yang membantu mencegah mabuk perjalanan :

a. Obat Antihistamin

Jika mabuk perjalanan menunjukkan gejala yang berat seperti muntah, ambillah jenis obat antihistamin. Obat ini menghalangi sinyal pada beberapa daerah di otak yang mengontrol mual dan muntah. Ambil obat seperti dimenhydrinate, meclizine, atau diphenhydramine sekitar satu jam sebelum perjalanan.

Tetapi sebelum Anda mengambil antihistamin, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter. Obat ini berbahaya bagi orang yang memiliki asma, tekanan darah tinggi, hipertiroid, atau glaukoma.Obat ini juga membuat mengantuk sehingga berbahaya untuk yang menyetir.

b. Obat Skopolamin

Jika Anda menempuh perjalanan seharian penuh atau lebih, Anda dapat mengambil obat skopolamin yang dikenal dengan nama merek Transderm Scop. Obat ini memerlukan resep dokter dan cara kerjanya sama seperti antihistamin.

Skopolamin dapat mengganggu komunikasi antara saraf dan bagian otak yang mengontrol muntah. Tapi obat ini lebih tahan lama daripada antihistamin. Minumlah skopolamin setidaknya empat jam sebelum perjalanan. Cuci tangan dengan bersih setelah mengambil obat ini karena dapat mengaburkan penglihatan jika masuk ke mata Anda.

c. obat Rizatriptan

Beberapa orang menunjukkan gejala mabuk perjalanan dengan sakit kepala sebelah atau migrain.Menurut sebuah studi pada tahun 2011 yang diterbitkan dalam The Journal of Headache and Pain, obat migrain rizatriptan dapat mengurangi mabuk perjalanan pada 87 persen orang.

Obat ini dapat mengatasi mual dengan mengatur serotonin, yang diduga terkait dengan nyeri migrain. Ambil dosis yang dianjurkan sekitar dua jam sebelum perjalanan.

5. Kunyah permen jahe atau mint

Jika perut mulai terasa mual dan tidak nyaman hisap permen jahe atau mint. Cara ini adalah alternatif yang paling tepat kalau Anda tidak mau meminum obat. Permen beraroma jahe atau mint bisa mengurangi mual dan mencegah muntah.

6. Mengalihkan Perhatian

Alihkan perhatian anda seperti mengobrol atau mendengarkan musik. Menyibukkan diri dengan kegiatan lain dapat mengurangi gejala mabuk perjalanan dan membuat tubuh menjadi lebih tenang.

Anda juga dapat mencoba menggerakkan tubuh.

Otot yang kaku membuat Anda lebih mudah terkena gejala mabuk perjalanan. Cobalah lakukan senam ringan di kursi untuk meregangkan otot-otot yang kaku. Anda bisa menundukkan badan sampai kepala menyentuh lutut. Gerakan ini bisa membuat darah mengalir ke kepala sehingga mengurangi pusing.

7. Melakukan Akupresur

Beberapa orang yang mengalami mabuk perjalanan, kadang merasa mual dan sakit perut. Hal ini dapat diatasi dengan teknik pengobatan akupresur yang terkenal di negara Cina. Akupresur dapat menyeimbangkan aliran energi dalam tubuh atau chi.

Mual merupakan tanda-tanda ketidakharmonisan chi dalam tubuh Anda. Menurut sebuah studi pada tahun 1995 yang diterbitkan dalam jurnal Aviation, Space, and Environmental Medicine, orang yang melakukan akupresur di pergelangan tangan dapat meringankan mabuk perjalanan.

Gunakan ibu jari untuk menekan lengan batin Anda, yaitu selang tiga jari atau dua inci di bawah lipatan pergelangan tangan Anda. Tahan selama beberapa menit, sampai gejala mereda.

8. Jika rasa mual sudah tidak tertahankan, lebih baik dimuntahkan saja.

Biasanya setelah muntah tubuh akan terasa lebih nyaman dan lega.

Terima kasih sudah membaca artikel Tips Agar Tidak Mabuk Perjalanan, Semoga bermanfaat

yhs-fh_lsonsw , tips tidak mabok selama naik kendaraan mobil , cara agar tidak mabuk saat naik bus , makanan yang harus dihindari agar tidak mabuk perjalanan , tips agar tidak mabok naek bus , tips agar tidak mabuk di bus , tips agar tidak mabuk perjalanan saat naik bus , cara agar tidak mabuk di bus , cara agar tidak mabuk perjalanan , mencegah mabuk kendaraan saat hamil muda , mabuk laut dan makanan yg hrs dihindari , menghilangkan rasa mual dan pusing pada naik kendaraan , makanan ringan untuk mengatasi mabuk saat di bus , Minuman yang seharusnya dihindari saat naik bus , makanan yang dihindari jika mau melakukan perjalanan jauh
eXTReMe Tracker