Tomat, Si Merah Bundar Kaya Manfaat Untuk Tubuh

Semua orang pastinya sudah mengenal buah tomat. Buah ini biasanya digunakan untuk dimasak sebagai sambal, campuran capcay, atau dibuat minuman jus tomat. Buah yang memiliki nama latin Licopersicum Esculentum ini dalam keadaan masak memiliki kandungan Kalori 20 kal, Protein 1.0 g, Lemak 0.3 g, Karbohidrat 4.2 g, Kalsium 5 mg, Vitamin A 1500 SI, dan Vitamin C 40 mg. Setelah melalui banyak penelitian ternyata buah yang pada mulanya ditemukan di sekitar Peru, Ekuador dan Bolivia ini memiliki banyak manfaat untuk tubuh kita.

Manfaat buah tomat diantaranya:

1. Kaya Antioksidan

Buah tomat memiliki kandungan likopen yang tinggi yang terbukti efektif sebagai zat antioksidan. Kandungan likopen pada buah tomat memiliki manfaat dapat menurunkan risiko terkena kanker, terutama kanker prostat, lambung, tenggorokan dan usus besar. Dengan adanya kandungan likopen ini buah tomat sering digunakan sebagai bahan dasar obat kecantikan seperti masker dan pil anti penuaan. Sama seperti kandungan likopen, kandungan asam klorogenat dan asam p-kumarat di dalam buah tomat mampu melemahkan zat nitrosamin penyebab kanker.

2. Menjaga Kesehatan Mata

Kandungan Vitamin A yang terkandung di dalam buah tomat sangat baik untuk kesehatan mata.

3. Menyembuhkan luka dan jerawat

Zat lain seperti tomatin di dalam buah tomat bersifat sebagai antiinflamasi, yaitu dapat menyembuhkan luka dan jerawat.

4. Sebagai Penurun Demam

Jika Anda demam, buah tomat juga mempunyai sifat antipiretik alias penurun demam.

5. Mengatasi sembelit dan Wasir

Sementara serat yang tinggi di dalam buah tomat mampu mengatasi ganguan pencernaan seperti sembelit dan wasir.

6. Cegah Penggumpalan Darah

Penemuan penelitian tentang gel berwarna kuning yang menyelubungi biji buah tomat dapat mencegah penggumpalan dan pembekuan darah penyebab stroke dan penyakit jantung.

7. Meningkatkan jumlah sperma

Buah tomat juga mampu memulihkan lemah syahwat dan meningkatkan jumlah sperma serta menambah kegesitan gerakannya.

Berdasarkan Hasil penelitian badan pangan dunia FAO-WHO mengkonsumsi buah tomat sebaiknya dimasak terlebih dahulu. Penelitian ini menunjukan jika kandungan likopen tidak rusak dan jumlahnya tidak jauh berubah selama pemanasan. Bahkan kandungan likopen akan meningkat 10 kali lipat ketika buah tomat diolah menjadi saus atau pasta tomat.

Setelah mengetahui banyaknya manfaat buah tomat untuk tubuh tidak ada salahnya untuk mencampur buah tomat dalam masakan anda sehari-hari.

Terima kasih sudah membaca artikel Tomat, Si Merah Bundar Kaya Manfaat Untuk Tubuh, Semoga bermanfaat

eXTReMe Tracker