Waspada Terserang Penyakit Ini Bila Sering Merasakan Lelah

Setiap pekerja pasti mengalami kelelahan. Apalagi bila pekerjaan sedang menumpuk hingga sering kali harus lembur. Seringna merasakan lelah setelah bekerja membuat kita hafal tentang bagaimana rasanya. Tetapi bila anda merasakan lelah sekalipun tidak melakukan hal berat, terasa tidak wajar, tidak seperti biasanya, sebaiknya anda perlu waspada. Jangan-jangan anda terserang beberapa penyakit.

Penyakit yang menyerang dengan gejala sering lelah adalah anemia, tiroid rendah, sleep apnea, diabetes atau bahkan depresi.

1. Anemia

Anemia adalah keadaan saat jumlah sel darah merah atau jumlah hemoglobin (protein pembawa oksigen) dalam sel darah merah berada di bawah normal. Seorang pasien dikatakan anemia bila konsentrasi hemoglobin (Hb) nya kurang dari 13,5 g/dL atau hematokrit (Hct) kurang dari 41% pada laki-laki, dan konsentrasi Hb kurang dari 11,5 g/dL atau Hct kurang dari 36% pada perempuan.

Salah satu penyebab umum seseorang terkena anemia adalah karena kelelahan. Bila pada wanita, anemia dapat terjadi pada seseorang yang mengalami periode menstruasi yang berat. Seperti yang dikatakan oleh Sandra Fryhofer, MD dari Emory University, “Biasanya terjadi pada perempuan, terutama mereka yang memiliki periode menstruasi yang berat. Tapi bisa diperbaiki dengan makanan kaya zat besi, makan daging merah, sayuran hijau atau konsumsi suplemen jika Anda memiliki kekurangan zat besi kronis,” jelasnya.

2. Kurang Aktifnya Kelenjar Tiroid

Kelenjar tiroid adalah salah satu dari kelenjar endokrin terbesar pada tubuh manusia. Kelenjar ini dapat ditemui di bagian depan leher, sedikit di bawah laring. Kelenjar ini berfungsi untuk mengatur kecepatan tubuh membakar energi, membuat protein, dan mengatur sensitivitas tubuh terhadap hormon lainnya.

Tiroid mengeluarkan tiga hormon penting, yaitu: triiodotironin, tiroksin, dan Kalsitonin. Triodotironin dan Tiroksin mengatur laju metabolisme dengan cara mengalir bersama darah dan memicu sel untuk mengubah lebih banyak glukosa. Jika Tiroid kurang aktif dan mengeluarkan terlalu sedikit Triodotironin dan Tiroksin, maka tubuh akan merasa kedinginan, merasakan lelah, kulit mengering dan berat badan bertambah. Sebaliknya jika terlalu banyak, tubuh akan berkeringat, merasa gelisah, tidak bisa diam dan berat badan akan berkurang.

3. Mengalami Sleep Apnea

Sleep Apnea adalah adalah gangguan tidur dengan kesulitan bernapas berulang kali ketika sedang tidur. Gangguan tidur ini sering dialami oleh pria dengan masalah kelebihan berat badan, sering meminum alkohol dan merokok. Setiap interupsi yang dialami oleh seseorang yang mengalami sleep apnea akan mengganggu kuliatias tidurnya. Akibatnya akan merasa kurang tidur dan merasa lelah di siang hari meskipun menghabiskan 8 jam tidur.

4. Terkena Diabetes

Diabetes Mellitus yang juga dikenal di Indonesia dengan istilah penyakit kencing manis adalah kelainan metabolik yang disebabkan oleh banyak faktor, dengan simtoma berupa hiperglikemia kronis dan gangguan metabolisme karbohidrat, lemak dan protein, sebagai akibat dari:
defisiensi sekresi hormon insulin, aktivitas insulin, dan defisiensi transporter glukosa.

Penderita diabetes sering merasa lelah yang ekstrim. Hal ini dikarenakan pada penderita diabetes gula akan tetap berada dalam aliran darah, bukannya masuk ke dalam sel-sel tubuh, di mana akan diubah menjadi energi. Alhasil, tubuh dengan cepat kehabisan energi meskipun sudah makan cukup.

5. Mengalami Depresi

Depresi pada dunia psikologi dikenal sebagai keadaan perasaan yang merosot seperti muram, sedih, dan perasaan tertekan. Tidak hanya menyerang sisi emosional seseorang, depresi juga menyerang sisi fisiknya. Penderita depresi sering mengalami kelelahan, sakit kepala dan kehilangan nafsu makan.

Bila hal ini sering anda alami, segeralah berkonsultasi dengan dokter. Lakukan check-up untuk mengetahui secara pasti apa yang anda alami. Usahakan untuk tidak merokok dan meminum minuman beralkohol karena hanya akan memperburuk keadaan anda.

Terima kasih sudah membaca artikel Waspada Terserang Penyakit Ini Bila Sering Merasakan Lelah, Semoga bermanfaat

eXTReMe Tracker