Cara Yang Baik Untuk Mengeluh

Apakah anda pernah bertemu dengan orang yang suka mengeluh? baik mengeluh di dunia nyata atau pun di dunia maya (media sosial) ? Pada dasarnya terdapat 2 kategori orang yang suka mengeluh, yaitu orang yang mengeluh karena benar-benar berada di dalam masalah dan membutuhkan solusi, atau orang yang memang “hobi” mengeluh.

Pada dasarnya mengeluh itu baik. Mengeluarkan keluhan, protes, dan unek-unek dapat menjadi sarana pereda emosi dan menghilangkan stress yang menumpuk di otak.
Tetapi menyampaikan keluhan tidak boleh sembarangan. Kita harus menggunakan cara-cara yang baik agar tidak dianggap suka mengeluh untuk sekedar melontarkan unek-unek (atau rewel?) bukan meminta solusi. Berikut ini beberapa cara yang baik untuk menyampaikan keluhan.

1. Cari Waktu Yang Tepat

Hindarilah mengeluh setiap saat. Karena mengeluh setiap saat akan membuat anda dianggap menyebalkan. Lihatlah orang disekitar anda saat akan mengeluh. Apakah ada orang yang memiliki waktu luang untuk mendengarkan keluhan anda.

2. Pilih Orang Yang Tepat

Memilih orang yang tepat untuk berbagi keluhan sangat penting. Tidak sembarang orang dapat menjadi teman yang pas untuk berbagi keluhan. Pilihlah orang terdekat anda yang dapat membuat anda tenang dan membantu mencarikan jalan keluar. Pasangan atau sahabat, misalnya. Kedua, kepada orang-orang yang berkaitan dengan keluhan Anda. Pusing dikejar deadline pekerjaan? Luangkan waktu untuk berbincang dengan atasan Anda dan sampaikan unek-unek Anda. Siapa tahu, si bos punya solusi alternatif bagi Anda.

3. Mengeluhlah

Saat ingin mengeluh bila anda dalam kondisi stres dan ingin mengeluh, mengeluhlah. Menjaga imej dan menahan diri untuk mengeluh berbahaya bagi mental anda. Bagaimanapun, stress tidak akan hilang hanya dengan menghibur diri dan menjaga imej.

Terima kasih sudah membaca artikel Cara Yang Baik Untuk Mengeluh, Semoga bermanfaat

eXTReMe Tracker