Hati-hati Terkena Rabun Jauh karena Poni Samping

Model potong rambut dengan poni samping saat ini sangat digemari. Tidak hanya oleh remaja, tetapi yang dewasa pun tidak sedikit yang memilih model itu.

Model rambut berponi samping cocok untuk yang memiliki wajah oval, panjang, dan berdahi lebar. Model poni samping ini bisa melembutkan bentuk rahang yang terlihat keras.

Tren model rambut berponi samping pun berkembang mengikuti jaman. Tren model rambut berponi samping dan menutupi satu mata mulai menyerang anak-anak remaja seperti anak EMO. Anak EMO memiliki komunitasnya sendiri dengan ragam keanehannya. EMO menggabungkan gaya punk dan gothic, menggunakan sapuan eye-shadow, eye liner, dan lip-gloss yang dramatis. Tatanan rambut dengan poni samping yang menutupi satu mata dan anting di telinga, hidung, pelipis, alis, bahkan lidah.

Seorang dokter mata terkemuka, Andrew Hogan menyatakan “Jika remaja memotong poninya dan menutupi satu mata sepanjang waktu, atau bergaya seperti anak EMO, maka mata tidak akan melihat hal-hal yang detail. Dan jika itu terjadi di usia muda, maka berisiko menjadi ambliopia,” jelasnya.

Ambliopia, dikenal sebagai mata malas, adalah satu keadaan dimana penglihatan samar-samar sedangkan mata secara fisik normal. Ambliopia dapat terjadi ketika jalur saraf dari salah satu mata ke otak tidak berkembang karena mata yang abnormal mengirimkan gambar kabur ke otak.

Pada kasus anak EMO yang menggunakan poni samping dan menutupi salah satu matanya dapat terkena Ambliopia, itu dikarenakan rambut yang menggantung di atas salah satu mata akan bertindak seperti penutup mata, yang mencegah akses mata terhadap sinar matahari dan stimulasi sensorik sehingga dapat melemahkan mata dan menyebabkan rabun jauh.

Dokter Andrew Hogan memperingatkan kepada remaja untuk tidak untuk tidak mempertaruhkan kesehatan matanya hanya demi fashion. Menurutnya, tren rambut tertentu sangat berbahaya bagi kesehatan seseorang.

Mengikuti tren rambut berarti Anda harus siap dengan semua konsekuensinya bagi kesehatan. Jadi jika anda tetap ingin nyaman menggunakan poni samping, potonglah poni dengan ukuran yang pas dan tidak sampai menutupi mata.

Terima kasih sudah membaca artikel Hati-hati Terkena Rabun Jauh karena Poni Samping, Semoga bermanfaat

eXTReMe Tracker