Mengenal Jenis-jenis Kopi Di Indonesia

Setelah mengetahui manfaat dari meminum kopi tidak ada salahnya kita mengetahui sedikit tentang jenis-jenis kopi. Banyak jenis kopi yang sudah beredar di masyarakat, tetapi yang paling terkenal adalah jenis kopi arabika dan kopi robusta.

Kopi Arabika
adalah kopi tradisional, dan dianggap paling enak rasanya. Kopi yang berasal dari Etiopia ini sekarang sudah dibudidayakan di Indonesia.
Dengan ciri-ciri memiliki variasi rasa yang lebih beragam, dari rasa manis dan lembut atau halus hingga rasa kuat dan tajam.
kopi Arabika juga memiliki aroma sedap yang sekilas mirip percampuran bunga dan buah. Kopi Arabika memiliki bodi atau rasa kental saat disesap di mulut. Kopi ini juga terkenal rasanya yang pahit.

Pohon Kopi Arabika secara umum hidup di daerah yang sejuk dan dingin dengan ketinggian 600-2000 m di atas permukaan laut. Suhu tumbuh optimalnya adalah 18-26 oC. Butuh waktu 9 bulan untuk proses dari berbunga hingga menjadi buah. Jumlah biji kopi yang dihasilkan lebih rendah. Biji kopi yang dihasilkan berukuran cukup kecil dan berwarna hijau hingga merah gelap.

Kopi Robusta
Kopi Robusta lebih murah dari pada kopi Arabika. Rasa kopi robusta kurang enak dan lebih banyak caffein dari pada Arabika.Kopi Robusta pertama kalinya ditemukan di Kongo dan saat ini sudah banyak dikembangkan di Asia Tenggara, Afrika Barat, Afrika Tengah, dan Amerika Selatan. Pengolahan Kopi Robusta lebih mudah dibanding Kopi Arabika.

Kopi Robusta memiliki rasa yang lebih seperti cokelat, lebih pahit, dan sedikit asam. Bau yang dihasilkan khas dan manis. Warna kopi jenis ini bervariasi sesuai dengan cara pengolahannya. Memiliki tekstur kopi yang lebih kasar dari kopi arabika.

Pohon Kopi Robusta tumbuh di daratan rendah dan dapat ditumbuh pada ketinggian 800 m di atas permukaan laut. Pohon kopi robusta lebih rentan diserang hama dan penyakit. Berbuah di suhu udara yang lebih hangat. Pohon kopi ini memerlukan waktu 10 sampai 11 bulan untuk proses pembuahan dari bunga hingga menjadi buah. Jumlah biji kopi yang dihasilkan lebih tinggi dari kopi Arabika

Terima kasih sudah membaca artikel Mengenal Jenis-jenis Kopi Di Indonesia, Semoga bermanfaat

jenis-jenis kopi , Jenis jenis kopi , Jenis2 kopi , jenis kopi di indonesia , jenis jenis kopi di indonesia , jenis-jenis kopi di indonesia , mengenal kopi , jenis2 kopi di indonesia , mengenal jenis kopi , jenis - jenis kopi , jenis2 kopi indonesia , Mengenal jenis2 kopi , Megenal biji kopi , jenis2kopi , Cara mengenal jenis kopi
eXTReMe Tracker