Tips agar Anak Termotivasi Untuk Belajar

Agar anak memiliki semangat dan termotivasi untuk rajin belajar adalah tantangan yang luar biasa untuk orang tua.

Bagaimana caranya? Yuk simak tip berikut ini.

1. Mendampiki anak di berbagai kesempatan

Mendampingi anak di berbagai kesempatan dan memberinya semangat akan membuat anak semakin terpacu untuk memberikan hasil yang terbaik. Anda juga harus tertarik dengan hobi si kecil, selalu menanyakan perkembangan hobinya, itu akan membuat si kecil bersemangat karena tahu orang tuanya tertarik pada apa yang dilakukannya. Sebisa mungkin untuk hadir pada perlombaan yang diikuti si kecil, menjadi penonton dan memberinya semangat.

2. Membantu Si Kecil Menyusun Rencana

Banyak hal yang belum dipahami si kecil termasuk dengan prestasi yang ingin diraihnya. Bantulah si kecil membuat rencana, target prestasi yang ingin diraihnya. Bantu anak dalam memecahkan masalah, menyusun rencana untuk meraih target, serta mempersiapkannya dalam menghadapi rintangan.

3. Budayakan Membaca di Rumah

Orang tua yang suka membaca akan merangsang anak untuk suka membaca juga. Anak yang sering melihat orang tuanya membaca akan penasaran tentang asiknya membaca. Ini sangat baik untuk anak-anak yang sedikit lambat dalam belajar membaca. Jika sering melihat orang tuanya membaca, anak juga akan terpacu untuk lancar membaca.

4. Jangan Segan Untuk Memuji

Bila anak anda berhasil meraih prestasi, janganlah segan untuk memujinya. Pujian yang kecil pun akan berarti untuk si kecil, karena itu akan membuat si kecil merasa special, dan akan terpacu untuk meraih prestasi lainnya.

5. Suasana Belajar Yang Menyenangkan

Siapa pun tentu akan merasa bosan dengan suasana belajar yang kaku. Cobalah untuk mengajarkan si kecil dengan cara yang menyenangkan. Misalnya sambil bermain dan menonton kartun.

Terima kasih sudah membaca artikel Tips agar Anak Termotivasi Untuk Belajar, Semoga bermanfaat

eXTReMe Tracker