Tips Memulai Menghargai Diri Sendiri

Tidak ada orang lain yang lebih menghargai diri kita selain diri sendiri. Jika kita tidak bisa menghargai diri sendiri, tidak dapat melihat kebaikan yang ada pada diri sendiri, tidak mampu memandang hal-hal baik dan positif terhadap diri, bagaimana kita bisa menghargai orang lain dan melihat hal-hal baik yang ada dalam diri orang lain secara positif. Jika kita tidak bisa menghargai orang lain, bagaimana orang lain bisa menghargai diri kita ??

Anda memiliki penilaian POSITIF pada diri Anda sendiri. Anda mengenal diri Anda secara baik. Anda memiliki penerimaan diri yang kualitasnya lebih mungkin mengarah ke kerendahan hati dan ke kedermawanan. Anda dapat menyimpan informasi tentang diri sendiri – informasi negatif maupun positif. Anda seorang yang optimis, penuh percaya diri, dan selalu bersikap positif terhadap segala sesuatu, juga terhadap kegagalan yang dialaminya. Anda menganggap hidup adalah suatu proses penemuan. Anda berharap kehidupan dapat membuat diri Anda senang, dapat memberikan kejutan, dan memberikan imbalan. Dengan menerima semua keadaan diri Anda maka Anda juga dapat menerima semua keadaan orang lain.

Anda bisa dikatakan sebagai lingkaran setan yang akan menghancurkan diri sendiri, yaitu : “BENCI DIRI SENDIRI, BENCI ORANG LAIN, AKIBATNYA DIBENCI JUGA OLEH ORANG LAIN”, SEBAGIAN besar dari kita pastinya memiliki keinginan mengubah beberapa bagian tubuh sendiri bila punya kesempatan. Misalkan saja meski telah berberat badan ideal, ada saja ketidakpuasan terhadap tubuh sendiri. Daripada selalu mengeluh dan berharap, mengapa Anda tidak mencoba mensyukuri tubuh Anda yang sekarang. Dengan begitu, Anda akan semakin mudah memilih perilaku sehat yang akan memungkinkan Anda mencapai berat badan ideal.

Jadi bagaimana cara memulai menghargai diri sendiri? Ikuti tips berikut!

  1. Fokus pada apa yang disukai
    Tidak ada yang sempurna. Namun, jangan berfokus pada apa yang tidak Anda sukai di tubuh Anda. Alihkan perhatian pada bagian tubuh yang menurut Anda paling bagus, misalkan bentuk mata Anda yang indah atau kaki yang jenjang.
  2. Hindari pikiran negatif
    Apakah Anda kerap berbicara kepada diri sendiri dengan berbagai perkataan negatif tentang tubuh sendiri? Setiap kali Anda mendapati diri berkata sesuatu yang tidak begitu baik kepada diri sendiri, jangan berlarut-larut, setop dan ganti pikiran negatif dengan sesuatu yang positif tentang diri Anda. Kesadaran adalah kuncinya!
  3. Jangan terjebak dengan perbandingan Dengan tidak membandingkan diri sendiri dengan orang lain, baik itu dalam hal keuangan, karier, berat badan, penampilan, keluarga, dan materi, Anda akan menyadari bahwa Anda tidak bisa menjadi yang terbaik dalam segala hal, tapi Anda bisa menjadi yang terbaik bagi diri sendiri.
  4. Sediakan waktu.
    Menyediakan waktu untuk diri sendiri akan membuat pikiran segar kembali. Bahkan, menyediakan lima menit hanya untuk menutup mata dan memfokuskan pikiran dapat membantu Anda merasa lebih baik. Namun, akan lebih baik bila Anda bisa menyediakan waktu yang lebih banyak untuk memfokuskan pikiran pada diri sendiri dan apa yang perlu dilakukan.
  5. Lakukan sesuatu yang baik untuk tubuh.
    Memang mudah mengabaikan kesakitan yang dirasakan tubuh dan lupa untuk mengurus diri sendiri. Cobalah berendam di air panas yang dicampur garam atau mintalah seseorang untuk memeluk. Bisa juga cobalah berdiri dan lakukan peregangan.
  6. Buat diri sendiri merasa nyaman.
    Misalnya dengan menelepon teman atau minum teh hangat, tidur dengan bantal dan selimut yang nyaman, menulis buku harian, makan sesuatu yang disukai, mencium bau minyak aromaterapi seperti vanila, lavender, dan lain-lain.
  7. Pergi ke dunia lain.
    Caranya adalah dengan membaca buku, menonton film, atau biarkan pikiran mengalir ke mana pun ia pergi.
  8. Melakukan sesuatu yang konyol. Ini akan membawa keluar jiwa kanak-kanak yang ada dalam kepribadian kita dan memberi perasaan bahagia. Misalnya bermain busa sabun, membuat kue, mengamati awan dan mereka-reka bentuknya, serta bermain dengan hewan peliharaan atau otopet.
  9. Cuti sehari.
    Apalagi bila Anda sudah merasa jenuh dengan pekerjaan sehari-hari. Ambil cuti sehari dan lakukan apa pun yang ingin dilakukan seharian penuh. Ini lebih baik daripada sehari di akhir pekan.
  10. Jalan-jalan di tengah alam terbuka.
    Kadang kita lupa memperhatikan dunia yang terbentang di sekitar. Mengamati alam akan membuat kita merasa lebih enak dan kalem. Berjalanlah di taman. Amati dan pandanglah pohon, rumput, langit, kemudian bernapaslah.
  11. Melakukan sesuatu yang sudah lama ingin Anda kerjakan.
    Mengapa menundanya lagi? Lekas kerjakan dan Anda akan merasa lebih baik.

Terima kasih sudah membaca artikel Tips Memulai Menghargai Diri Sendiri, Semoga bermanfaat

eXTReMe Tracker