Manfaat Lemon Untuk Wajah

Banyak orang yang mendambakan memiliki kulit wajah yang sehat, putih, dan bebas jerawat. Banyak yang rela menghabiskan banyak uang untuk membeli produk-produk kecantikan wajah seperti krim-krim perawatan yang mengandung bahan kimia yang keras.

Sebelum anda mencoba-coba membeli produk perawatan wajah yang mengandung bahan kimia yang keras, coba beralih menggunakan bahan alami dari buah lemon. Selain alami, banyak manfaat lemon untuk wajah.

Buah lemon atau Sitrun, jeruk sitrun (dari bahasa Belanda, citroen) adalah sejenis jeruk yang buahnya biasa dipakai sebagai penyedap dan penyegar dalam banyak seni boga dunia. Selain digunakan dalam seni boga, buah lemon juga digunakan sebagai bahan dasar dalam produk kecantikan dikarenakan banyak manfaat lemon untuk  wajah karena kandungan vitamin B, vitamin C, fosfor serta karbohidratnya.

Beberapa manfaat lemon untuk wajah, diantaranya:

1. Lemon Merawat Wajah Berjerawat

Buah lemon mengandung Asam sitrat yang manjur untuk menghilangkan jerawat dan sifat alkalinya bisa membunuh bakteri yang menyebabkan munculnya jerawat.

Caranya :

Peras beberapa buah lemon segar dan campur dengan air. Lalu celupkan kapas kecil ke dalam cairan lemon dan usapkan pada jerawat. Diamkan selama 15 menit, lalu bilas muka Anda dengan air.

Selain itu, Anda juga dapat melakukan perawatan terhadap jerawat dengan meminum air perasan 1 buah lemon utuh dicampur dengan 3 gelas air. Simpan di dalam botol untuk diminum sepanjang hari. Air lemon ini akan membantu mengatasi jerawat dari dalam tubuh.

2. Lemon Mengatasi Flek Hitam dan Pigmentasi Pada Wajah

Paparan sinar matahari, efek dari obat-obatan berbahan kimia, jerawat dan juga penuaan akan membuat kulit Anda mejadi kusam bahkan belang juga menimbulkan flek hitam pada wajah.

Menurut Barbara Close, seorang Herbalist yang berbasis di East Hampton, New York, lemon adalah buah yang mengandung asam yang akan mempertahankan pH kulit, yang merupakan faktor penting untuk menjaga warna kulit Anda. Selain itu, Kandungan dari buah lemon juga dapat membantu mengurangi tanda penuaan, bintik-bintik hitam dan mencerahkan warna kulit.

Caranya :

- Belah lemon menjadi 2 bagian, kemudian peras dan saring dengan menggunakan kain tipis / alat saringan yang rapat. Gunakan handuk bersih dan celupkan pada air perasan lemon tadi. Kemudian usapkan pada wajah yang terdapat flek hitam. Biarkan air lemon mengering, kemudian bilas dengan menggunakan air dingin. Ulangi langkah diatas setiap pagi hari sampai flek hitamnya menjadi samar dan akan hilang dengan sendirinya.

- Potong lemon menjadi 2 bagian dan buang bijinya. Ambil 1/2 sendok teh gula, letakkan di dalam mangkuk. Kemudian celupkan potongan lemon tersebut ke dalam gula. Kemudian usap-usapkan lemon tersebut ke atas permukaan kulit yang terdapat flek hitam secara pelan-pelan. Diamkan sesaat sampai air lemon mengering, kemudian bilas dengan air dingin. Ulangi selama seminggu sampai flek hitamnya memudar.

3. Lemon Menghilangkan Bekas Jerawat Pada Wajah

Buah lemon dapat membantu menghilangkan bekas jerawat.

Caranya :

Usapkan langsung buah lemon pada wajah dan biarkan selama 10 menit. Rutin melakukan perawatan ini sampai bekas jerawat pada wajah Anda hilang.

4. Lemon Menghilangkan Komedo

Komedo adalah salah satu masalah pada wajah yang dapat menghilangkan rasa percaya diri seseorang. Salah satu cara yang sering dilakukan untuk mengatasinya adalah dengan facial di salon.

Dengan menggunakan lemon, anda dapat melakukan facial sendiri di rumah. Lebih alami dan tentu saja murah.

Caranya :

- Cuci wajah Anda dengan air hangat. Ambil sepotong lemon dan gosokkan di sekitar hidung selama tiga sampai empat menit. Kemudian bilas dengan air dingin. Lakukan dua kali sehari apabila komedo tersebut parah.

- Scrub lemon dan gula

Scrub lemon dan gula adalah salah satu jenis scrub alami yang dapat mengurangi komedo. Tambahkan gula ke jus lemon dan kemudian gosok pada hidung. Atau cara lainnya adalah taburkan gula pada beberapa irisan lemon dan gosokkan pada hidung.

- Jus Lemon dan Putih Telur

Hanya menambahkan beberapa tetes jus lemon dengan putih telur dan aduk rata. Oleskan pada wajah dan biarkan kering. Kelupas secara perlahan dan cuci muka dengan air dingin.

- Jus lemon dan air mawar

Campurkan beberapa tetes air mawar dengan jus lemon. Rendam bola kapas di dalamnya dan oleskan pada daerah yang berkomedo selama tiga sampai empat menit. Cuci dengan air dingin.

5. Lemon Mencerahkan Wajah

Buah lemon memiliki kandungan vitamin C yang tinggi yang merupakan zat yang penting untuk pencerah kulit.
Buah lemon untuk wajah putih dan halus.

Caranya :

- Campurkan air lemon dengan air, lalu aplikasikan pada kulit Anda. Biarkan selama 20 menit, lalu bilas bersih. Lakukan ini setiap hari. Anda juga dapat mencampurkan larutan ini dengan madu untuk membantu memulihkan iritasi kulit.

- Toner Lemon dan Madu

Selain lemon, madu juga dapat membantu mencerahkan kulit, sekaligus berfungsi sebagai pelembab alami. Untuk mendapatkan manfaat dari keduanya, buatlah campuran toner dari 2 sendok teh lemon, 2 sendok teh madu dan air secukupnya, kemudian campurkan ramuan tersebut dalam botol yang bersih dan kocok sampai merata. Untuk menggunakannya, aplikasikan seperti Anda memakai toner pada umumnya, dengan menuangkan beberapa tetes ke kapas dan usapkan pada wajah Anda yang telah dibersihkan.

6. Lemon Mengangkat Sel-sel Kulit Mati Pada Wajah

Sari lemon memiliki khasiat untuk mengurangi minyak dan mengelupas sel kulit mati secara alami.

Caranya :

Campurkan 2 sendok makan oatmeal, 2 sendok teh sari lemon, dan 1 sendok teh madu sampai berbentuk seperti pasta. Usapkan pada wajah Anda, dan diamkan sampai 5 menit. Kemudian pijat dengan gerakan memutar dan bilas dengan air hangat.

7. Lemon Menutrisi Kulit Wajah

Manfaat lain lemon adalah sebagai pelembab alami yang menutrisi kulit wajah.

Caranya :

campurkan 1 sendok teh sari lemon, 1 sendok makan madu, alpukat yang telah dihaluskan dan oatmeal secukupnya. Oleskan merata pada wajah dan biarkan mengering sekitar 30 menit. Kemudian, bilas dengan air hangat.

Terima kasih sudah membaca artikel Manfaat Lemon Untuk Wajah, Semoga bermanfaat

eXTReMe Tracker