Gugah Selera Anak Picky Eater Dengan Warna

Masalah selera makan anak sering kali menjadi dilema. Ketika akan menghadiri undangan makan teman atau saudara di sebuah restauran, kadang anak menghindari makanan yang dianggapnya baru. Atau, Sering kali mereka akan terlihat lahap dengan menyantap makanan cepat saji seperti KFC, McD dan semacamnya.

Jangan buru-buru untuk menyalahkannya, karena perilaku ini bisa jadi didorong oleh sikap Anda yang terus menerus memanjakannya dengan makanan yang sama. Coba tambahkan hiasan cabe merah besar iris di atasnya dan bentuk menyerupai kartun kesukaannya, hal ini akan membuat si kecil semakin tertarik. Anak picky eater dapat terkena efek yang buruk untuk kesehatannya. Anak berisiko mengalami kekurangan nutrisi esensial.

Pola makan anak sebenarnya tergantung dengan kebiasaan makan dari orang tuanya. Mungkin Anda harus mulai memberikan contoh kebiasaan makan makanan bergizi seperti sayur, buah, ikan, dan daging segar agar anak tidak tumbuh menjadi anak picky eater. Mengenalkan sayur dan buah pada anak-anak dapat dimulai setelah anak lepas dari ASI eksklusif 6 bulan.

Kondisi anak yang picky eater biasanya terjadi saat anak menginjak usia 6 bulan hingga usia 6 tahun. Namun, tak jarang kondisi picky eater akan terbawa hingga anak-anak dewasa.

Ciri-ciri anak picky eater :

1. Sulit dalam mengunyah dan menelan makanan. Anak picky eater hanya mampu mengonsumsi makanan yang lunak atau cair.

2. Setiap makanan yang masuk mulut, akan disemburkan.

3. Setiap akan makan, dia akan menutup mulutnya rapat-rapat.

4. Bila dipaksa mengunyah malah mengamuk.

5. Makanan yang diberikan/disuapkan ke mulutnya ditepis.

6. Makanan dibiarkan masuk ke mulut tetapi dimuntahkan.

7. Hanya mau makan makanan yang disukainya.

Cara Menggugah Selera Anak Picky Eater Dengan Warna

Seorang Peneliti dari Cornell University menjelaskan bahwa anak cenderung tertarik pada gambar makanan berwarna di piring yang berbeda. Kevin Kniffin, Ph.D menyarankan untuk menambahkan wortel kecil, tomat ceri, atau potong beberapa timun untuk makan malam agar lebih menarik minat anak karena berwarna.

Buatkan makanan dengan bentuk-bentuk yang unik di atas meja makan, sehingga anak akan tertarik. Kombinasikan warna hijau, orange, putih dan tambahkan hiasan cabe merah besar iris diatasnya dan bentuk menyerupai kartun kesukaannya, hal ini akan membuat si kecil semakin tertarik.

Terima kasih sudah membaca artikel Gugah Selera Anak Picky Eater Dengan Warna, Semoga bermanfaat

eXTReMe Tracker