Daftar Makanan Yang Dapat Merangsang Kecerdasan Anak

Setiap orang tua tentunya menginginkan yang terbaik untuk anak terutama untuk kecerdasan otak anak. Segala usaha tentu akan dilakukan salah satunya dengan memberikan makanan yang dapat merangsang kecerdasan otak anak.

Kecerdasan tidak hanya berasal dari faktor keturunan seperti yang banyak orang kira. Salah satu faktor pendukung kecerdasan anak adalah pemberian asupan makanan yang tepat. Pemberian asupan makanan yang tepat kepada anak akan membantu menjaga kesehatan dan menjaga antibodi sehingga tidak mudah sakit. Bonusnya akan membantu merangsang kecerdasaan otak anak Anda.

Asupan makanan yang tepat untuk merangsang kecerdasan anak harusnya mengandung gisi yang lengkap dan memberikan asupan nutrisi yang terbaik. Menu makanan yang lengkap, seperti buah, sayuran, serta daging ikan bisa mencukupi kebutuhan vitamin dan mineral utama yang dibutuhkan untuk kesehatan mental dan fisik anak.
Pemberian asupan makanan yang lengkap dimulai sejak anak mendapatkan ASI eksklusif sampai usia 2 tahun.

Berikut ini adalah beberapa makanan yang dipercaya dapat merangsang kecerdasan otak pada anak:

1. Ikan salmon

Ikan salmon terkenal akan kandungan DHA-nya yang tinggi. Selain itu, ikan salmon juga mengandung iodine, protein, selenium, omega 3, berbagai vitamin seperti vitamin A, vitamin D, serta vitamin B12.

Vitamin A diperlukan bagi kesehatan mata. Vitamin D membantu tubuh dalam menyerap fosfat dan kalsium, sementara vitamin B12 membantu produksi sel-sel darah merah yang dapat mencegah anemia.

Seluruh kandungan nutrisi tersebut dapat membantu menjaga kesehatan anak, meningkatkan kecerdasan anak, dan menjaga kesehatan jantung
anak.

Anak yang rutin mengonsumsi paling tidak 2-3 porsi olahan ikan salmon setiap minggu lebih sanggup berkonsentrasi dibanding anak yang tidak mengonsumsi ikan salmon
Sudah bukan rahasia lagi kalau ikan salmon merupakan sumber terbaik asam lemak omega-3 dan asam eikosapentanoat (EPA) yang sangat penting bagi pertumbuhan dan perkembangan fungsi otak. Bahkan beberapa pakar kesehatan juga menunjukkan bahwa orang yang memperoleh asupan asam lemak lebih banyak memiliki pikiran lebih tajam dan mencatat hasil memuaskan dalam uji kemampuan.

2. Sayuran Berwarna

Sayur-sayuran memiliki segudang manfaat yang baik untuk tubuh. Selain untuk mencegah kanker, sayuran berwarna seperti wortel, tomat, bayam atau labu kaya akan antioksidan yang dipercaya dapat membantu pertumbuhan otak anak.
Tomat, wortel, bayam atau labu adalah makanan yang kaya antioksidan. Makanan ini dipercaya dapat membantu mempertahankan kekuatan dan kesehatan membran sel. Semakin segar dan cerah warna sayuran, makin tinggi kandungan antioksidannya. Beberapa sayuran juga memiliki manfaat mencegah kanker.

3. Telur

Telur adalah salah satu jenis makanan yang mudah dan murah, tetapi sangat bergizi. Selain memiliki rasa yang nikmat dan hampir disukai oleh banyak anak kecil. Telur merupakan sumber protein yang sangat baik untuk kecerdasan.. Kuning telur yang berada di dalamnya mengandung kolin yang berkhasiat membantu perkembangan otak. Anda dapat menyediakan jenis variasi olahan telur untuk menambah selera makan anak anda dan biasakan secara rutin memberikan sarapan atau makan malam yang sehat dengan menu yang terbuat dari telur.

4. Kacang-kacangan

Kacang merah mengandung protein, serat, vitamin, dan mineral serta karbohidrat kompleks yang diolah menjadi energi dan sangat baik untuk aktivitas sel-sel otak serta tubuh anak. Menurut hasil penelitian, kacang merah dan kacang pinto mengandung lebih banyak asam lemak omega 3 daripada jenis kacang lainnya, khususnya ALA, jenis asal omega 3 yang penting bagi pertumbuhan dan fungsi otak.

Selai kacang

Kacang adalah makanan yang kaya akan vitamin E dan juga antioksidan yang dapat melindungi membran sel – sel otak terhadap radikal bebas terutama kacang macadamia dan almond. Untuk hasil terbaik, pilihlah selai kacang yang rendah gula dan natrium.

Kacang hijau

Makanan ini adalah salah satu yang sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi oleh anak-anak mengingat nutrisinya yang sangat lengkap. Selain tinggi kadar protein dan karbohidrat kompleks, kacang hijau juga memiliki kandungan vitamin C, asam folat, zat besi, zinc, potassium, magnesium, tembaga, mangan, fosfor dan thiamin yang semuanya penting bagi tubun dan perkembangan otak.

5. Oat/Oatmeal

Oat ini adalah salah satu bahan yang terkandung dalam sereal yang digemari anak-anak. Makanan ini mengandung karbohidrat yang secara bertahap akan diserap oleh otak anak selama proses belajar di sekolah. Oat juga merupakan sumber yang baik untuk vitamin E, B, potasium dan zinc yang membantu tubuh dan otak untuk bekerja secara optimal.

6. Buah Beri

Buah seperti stroberi, blueberi dan blackberi kaya akan zat antioksidan seperti vitamin C . Sejumlah studi menunjukan bahwa buah beri dapat memperbaiki daya ingat.

7. Susu dan Yogurt

Produk susu termasuk di dalamnya yogurt adalah makanan yang kaya protein, vitamin D dan vitamin B yang berperan penting dalam pertumbuhan jaringan otak, neurotransmitter dan enzim. Yogurt merupakan makanan yang semi padat sehingga lebih mudah dicerna dalam proses metabolisme tubuh.

Penelitian terbaru juga menunjukkan, anak-anak dan remaja memerlukan vitamin D 10 kali lebih banyak dari yang direkomendasikan. Vitamin D berguna untuk memelihara siklus hidup sel serta fungsi saraf dan otot.

8. Daging sapi bebas lemak

Makanan ini adalah sumber zat besi yang dapat membantu membuat anak tetap berenergi dan berkonsentrasi di sekolah. Daging sapi tanpa lemak merupakan sumber terbaik zat besi karena mudah diserap oleh tubuh. Faktanya, satu ons daging sapi setiap hari membantu tubuh menyerap zat ebsi dari sumber makanan lainnya. Daging sapi juga mengandung zinc yang membantu memelihara daya ingat.

Itulah beberapa bahan makanan yang dapat Anda masukan dalam daftar makanan anak Anda. Selain memberikan nutrisi, otak pun juga harus selalu diasah dengan selalu dipakai untuk berfikir.

Meskipun begitu, selain rutin mengonsumsi ikan salmon secara rutin tetap dibutuhkan peran serta orang tua, khususnya ibu, untuk membantu anak mengeksplorasi keingintahuannya. Ini agar anak tak hanya sehat, tetapi juga tumbuh cerdas.

Terima kasih sudah membaca artikel Daftar Makanan Yang Dapat Merangsang Kecerdasan Anak, Semoga bermanfaat

eXTReMe Tracker