Cara Efektif Menghilangkan Lingkar Gelap Pada Mata

Lingkar mata yang berwarna gelap sangat mengganggu penampilan. Apalagi jika harus tampil cantik, tetapi memiliki lingkaran gelap pada mata. Lingkaran gelap pada mata ini umumnya sulit dihilangkan karena ‘terperangkap’ jauh di dalam permukaan kulit, sehingga kulit tidak mampu menghilangkannya secara alami.

Faktor Penyebab terjadi lingkar gelap pada mata:

1. Faktor Genetik

Sering kali lingkar gelap pada mata terjadi karena adanya faktor genetik yang turun-temurun dalam keluarga.

2. Alergi Hormon Histamine

Alergi pelepasan hormon histamine dalam tubuh juga menyebabkan sebagian orang memiliki lingkaran gelap pada mata. Histamine menyebabkan peradangan dan pembengkakan di pembuluh darah.

3. Penuaan

Faktor penuaan juga dapat memicu timbulnya lingkar gelap pada mata. Saat usia bertambah, kulit lama-kelamaan kehilangan sel-sel kolagen, sehingga kulit menipis dan urat pun menonjol.

4. Sinar matahari

Terlalu lama terkena sinar matahari juga dapat menyebabkan timbulnya lingkar gelap pada mata. Hal ini diKarenakan terlalu lama terpapar sinar matahari dapat mengikis kolagen pada kulit, sehingga kulit menghitam.

 

Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menghilangkan lingkaran gelap pada mata:

1. Cukup tidur

Sebagian besar lingkaran gelap pada mata ini disebabkan karena kurang tidur. Idealnya, orang dewasa rata-rata tidur minimal 7,5 jam per malam. Sayangnya karena kesibukan, Anda pun tidak selalu memungkinkan untuk mendapatkan tidur yang cukup. Alhasil saat bangun tidur, mata terlihat tidak segar dan membuat area mata Anda terlihat sembab dan menghitam. Biasakan untuk tidur selama delapan jam dalam semalam agar tubuh tetap bugar dan kulit tetap sehat.

2. Perhatikan posisi tidur

Usahakan tidur dengan posisi kepala terangkat dengan menggunakan dua bantal saat tidur. Tidur dengan posisi kepala terlalu rendah, genangan darah akan terkumpul di area mata saat Anda tidur. Hasilnya, Anda akan terbangun dengan kantung mata yang menghitam seperti panda.

3. Banyak minum air putih

Minum banyak air putih baik untuk mengatasi kulit kering juga dapat mencegah timbulnya lingkaran gelap dan kantung mata.

4. Perhatikan asupan makana

Usahakan untuk lebih selektif dalam mengkonsumsi makanan. Penuhi asupan zat besi dengan mengkonsumsi buah-buahan serta sayur-sayuran. Karena kekurangan zat besi juga merupakan salah satu penyebab timbulnya lingkar gelap di bawah kelopak mata.
Perbanyak juga asupan buah-buahan berjenis berry, gandum utuh, jeruk dan seafood. Makanan yang kaya akan kandungan vitamin C, vitamin K dan asam folic dapat mencerahkan kulit.

5. Kompres Mata

Ada beberapa bahan yang dapat digunakan untuk mengompres mata yang memiliki lingkar gelap pada mata. Diantaranya yaitu irisan timun atau kentang,es batu, teh celup, dan labu hijau.

- Kompres mata dengan timun atau kentang

Kandungan air pada timun adalah kelembaban yang natural yang bertindak sebagai penyembuh penyakit atau sebagai obat penguat. Timun memang memberikan pengaruh yang sangat baik selain mengurangi lingkaran gelap atau noda lebam di mata, tapi juga dapat menghaluskan kulit wajah.
Setelah wajah bersih dari make up, berbaringlah dan letakkan potongan timun atau kentang yang telah terlebih dahulu didinginkan ke area sekitar kelopak mata. Setelah itu rilekslah beberapa saat sambil menggosokkan potongan timun dengan lembut. 15 menit kemudian bilaslah dan rasakan kesegaran alami yang timbul akibat efek timun tersebut. Rasa sejuk dari timun dan kentang dapat melancarkan pembuluh darah, serta menghindari timbulnya lingkaran gelap dan kantung mata.

- Kompres mata dengan es batu

Jika Anda berada di bawah terik matahari dalam waktu yang cukup lama, mata Anda akan bekerja lebih ekstra dari biasanya sehingga membuat lingkaran gepap di bawah mata tampak lebih jelas. Selain akibat sinar ultraviolet, debu dan polusi juga dapat mengakibatkan iritasi pada mata.
Coba saja diatasi dengan cara membersihkan wajah kemudian letakkan es batu sesuai ukuran mata yang telah dibungkus oleh kain tipis di mata. Rileks dan gosok-gosoklah dengan lembut. Manfaat dari terapi ini untuk menghilangkan noda mata akibat terbakar sinar matahari juga membuat aliran darah kembali lancar.

- Kompres mata dengan teh celup

Kandungan kafein pada teh dapat mengurangi pembengkakan dan lingkaran gelap.
Sediakan dua kantung teh, rebus sebentar, lalu diamkan hingga dingin. Setelah teh mulai dingin, letakkan di masing-masing mata.Diamkan selama minimal 10 menit.

- Kompres mata dengan labu hijau

Labu hijau dapat digunakan untuk mengganti timun, mengurangi lingkaran hitam di bawah kelopak mata. Labu hijau ini juga diyakini dapat memberikan manfaat untuk menghaluskan serta mencerahkan kulit wajah.

 

Ada beberapa trik merias wajah yang bisa Anda lakukan untuk menyamarkan lingkaran gelap pada mata, diantaranya :

1. Menggunakan Concealer

Waktu tidur yang kurang menyebabkan lingkar hitam pada mata sehingga tidak enak jika dipandang. Jika Anda ingin menghilangkan lingkaran hitam pada mata, concealer adalah jawaban yang tepat.

Concealer memang hanya menyamarkan, tidak menghilangkan lingkaran hitam secara permanen. Tapi tidak ada salahnya jika Anda memilih produk kecantikan yang satu ini di saat-saat darurat. Untuk menghilangkan lingkar hitam tersebut, pastikan warna concealer yang dipakai cocok dengan warna kulit Anda. Idealnya, warna concealer satu tingkat lebih terang dari warna foundation yang Anda pakai. Gunakan jari manis Anda untuk memakai concealer. Bubuhkan loose powder setelah menggunakan concealer agar polesan concealer tidak menggumpal.

2. Menggunakan Eye Shadow

Salah satu cara terbaik untuk menyembunyikan mata lelah yang terlihat kuyu adalah dengan meningkatkan warna mata alami Anda. Untuk memulai, Anda harus menemukan warna eye shadow yang cocok dengan warna mata Anda.

Biasanya, dengan menggunakan warna eye shadow yang bertentangan dengan warna mata akan membuat mata terlihat lebih segar dan cerah. Misalnya untuk mata berwarna hazel dan cokelat, dapat memakai eye shadow berwarna violet atau plum.

3. Menggunakan Maskara

Anda dapat menggunakan maskara untuk menjadikan mata Anda terlihat lebih tegas. Namun, sebelum menggunakan maskara, cobalah untuk memberikan efek pada bulu mata Anda terlebih dahulu. Gunakan penjepit bulu mata pada bulu mata yang kering. Jepit bulu mata Anda dan ulangi beberapa kali. Setelah itu, aplikasikan maskara beberapa kali pada bulu mata Anda hingga mencapai efek yang Anda inginkan.

4.Gunakan eye cream

Lingkaran gelap pada mata yang diakibatkan penipisan kulit dapat ditangani dengan eye cream yang mengandung vitamin C atau retinol. Kedua kandungan ini dapat mendongkrak produksi kolagen yang menjaga kulit agar tetap terawat.

Terima kasih sudah membaca artikel Cara Efektif Menghilangkan Lingkar Gelap Pada Mata, Semoga bermanfaat

masker mata yang bagus , masker untuk mata panda , masker untuk menghilangkan mata panda , lingkar mata , kelopak mata gelap , masker untuk kelopak mata , masker mata panda , cara menghilangkan lingkaran mata panda , cara merawat lingkar mata , cara efektif menghilangkan mata panda , masker kelopak mata , cara merias mata panda , menghilangkan lingkaran mata yang gelap , tips menghilangkan mata panda buat pria , cara efektif menghilangkan kantung mata
eXTReMe Tracker