Hidup Bahagia Dengan Bersyukur

Banyaknya beban hidup yang dimiliki oleh masing-masing orang terkadang membuat kita lupa bersyukur atas apa yang sudah kita dapatkan. Pekerjaan, penghasilan, gadget yang dimiliki, dan barang-barang mewah lainnya sering terlupakan hanya karena masalah kecil, dan membuat anda mengleuh dan bersedih sepanjang hari.

Padahal yang perlu diketahu, bahwa banyak-banyak bersyukur akan membawa pengaruh yang baik untuk kesehatan, mood, hingga hubungan anda dengan pasangan.

Banyak bersyukur membuat hidup lebih bahagia dan menyehatkan tubuh ini sudah diamati melalui sebuah studi yang dipimpin Robert A. Emmons, Ph.D., dari University of California. Dalam penelitian ini tim peneliti meminta para respondennya untuk mengisi buku harian selama 10 minggu. Buku harian ini berisi lima hal yang mereka syukuri yang terjadi minggu lalu. Hasilnya, para responden terbukti 25 persen lebih bahagia dari sebelumnya. Mereka juga menunjukkan kondisi tubuh yang lebih bugar ketimbang orang-orang yang kurang bersyukur atas apa yang dialaminya.

Anda dapat melakukan hal seperti yang dilakukan oleh responden pada penelitian tersebut. Caranya :

1. Mencatat

Catat dan ingatlah hal-hal yang membuat anda bersyukur pada buku harian anda. Isi tiga hal yang anda syukuri setiap harinya. Buatlah daftar ketiga hal ini pada pagi hari atau malam sebelum tidur. Anda akan merasakan mood yang baik yang akan membuat hari anda lebih menyenangkan, dan tubuh menjadi sehat.

2. Berterima Kasih

Berterima kasih untuk segala sesuatu yang dilakukan oleh orang terdekat anda. Ucapan terima kasih tersebut adalah salah satu bentuk rasa syukur atas kehadiran mereka. Tunjukanlah kepada keluarga, pasangan, dan juga sahabat.

3. Bercermin

Bercermin dari segala sesuatu yang membuat anda bangga dan apa yang anda sukai dari diri anda. Misalnya tentang keberhasilan menyelesaikan tugas yang rumit atau membuat masakan favorit pasangan. Dari bercermin inilah anda akan mengetahui apa saja kekuatan anda. Fokus dan terus asah kemampuan anda.

Terima kasih sudah membaca artikel Hidup Bahagia Dengan Bersyukur, Semoga bermanfaat

eXTReMe Tracker