8 Minuman Sehat Pendukung Program Penurunan Berat Badan

Selain membatasi jumlah kalori dan menambah jumlah protein yang dikonsumsi tubuh saat program penurunan berat badan, tidak ada salahnya mencoba mengkonsumsi beberapa jenis minuman sehat yang diyakini dapat mempermudah program penurunan berat badan.

Beberapa jenis minuman sehat yang membantu proses penurunan berat badan tersebut diantaranya:

1. Jus Sayuran

Jus sayuran adalah cara mudah untuk mendapatkan nutrisi dalam sayur. Minuman menyehatkan ini juga menjadi alternatif olahan sayur selain dimasak atau disantap mentah. Secara umum kita dianjurkan menyantap 2-3 cangkir sayuran sehari.

Kelebihan jus sayuran dibandingkan dengan sayuran adalah waktu yang diperlukan untuk memberikan nutrisi ke dalam tubuh. Makanan padat seperti sayuran utuh memerlukan waktu beberapa jam untuk dipecah dan diurai, barulah sayuran memberikan nutrisi kepada tubuh. Jus tak memerlukan waktu selama itu, sehingga lebih mudah dan cepat.

Dalam program penurunan berat badan jus sayuran dapat memberikan ekstra nutrisi dan berpotensi membantu Anda makan lebih sedikit saat makan.

2. Teh Hijau

Teh hijau dikemas dengan antioksidan yang dikenal dapat memerangi kanker dan melindungi dari penyakit jantung. Teh hijau juga baik untuk gigi Anda, yaitu mencegah gigi berlubang dan mengurangi risiko osteoporosis.

Teh hijau mengandung Catechin telah dikaitkan dengan program penurunan berat badan, karena memberikan dorongan untuk metabolisme.

3. Kopi

Pilihan terbaik untuk penggemar kopi yang sedang dalam program penurunan berat badan adalah kopi hitam tanpa gula. Kopi hitam tanpa gula menjadi pilihan terbaik untuk membantu program penurunan berat badan. Kafein dalam kopi dapat memberi dorongan metabolisme jangka pendek sekaligus menekan nafsu makan. Secangkir kopi hitam hanya mengandung tidak lebih dari 5 kalori. Tanpa tambahan susu, krim, atau gula, kopi hitam mengandung antioksidan yang dapat melawan radikal bebas yang mengancam kesehatan kita. Kopi juga membantu Anda agar lebih waspada, dan memberikan energi tambahan jika Anda harus berolahraga. Oleh karena itu, Anda bebas menikmatinya tanpa merasa bersalah, khususnya ketika sedang diet.

4. Susu Kedelai

Susu kedelai menawarkan beberapa manfaat untuk kesehatan Anda yang tidak dapat ditemukan dalam susu sapi. Tidak seperti susu sapi, susu kedelai hampir tidak mengandung kolesterol dan nol lemak jenuh yang cocok untuk program penurunan berat badan. Hal ini membantu mencegah gejala menopause pada wanita dan kanker prostat pada pria. Selain itu, susu kedelai juga baik untuk jantung dan kesehatan mata Anda, serta meningkatkan kesehatan tulang sehingga mencegah osteoporosis.

5. Air Kelapa

Minuman tropis ini sudah dikenal kaya manfaat di kalangan tenaga kesehatan. Sebuah studi menemukan bahwa minum air kelapa dapat membantu dalam pengolahan lemak, yang dalam jangka panjang berpotensi menyebabkan penurunan berat badan.

6. Air

Rekomendasinya adalah 64 ons per hari, tetapi jika tinggal di cuaca panas atau berolahraga setiap hari, Anda harus minum lebih banyak. Air membantu dalam pencernaan, menyerap vitamin dan mineral. Hal tersebut diperlukan untuk menghasilkan keringat dan membuat Anda tetap terhidrasi.

7. Wedang  Jahe

Sebuah studi pada tahun 2010 yang diterbitkan dalam British Journal of Nutrition menemukan bahwa mengonsumsi jahe dapat membantu melawan ngidam dan mengurangi nafsu makan. Jika Anda merasa lapar, cobalah minum secangkir wedang jahe sebelum Anda memutuskan untuk makan camilan.

8. Jus Tomat

Jus tomat sangat rendah kalori (sekira 40 per 8 ons), meskipun rasanya enak. Tomat dapat mengurangi risiko penyakit paru-paru dan kanker perut, ditambah membantu mencegah penyakit kardiovaskular. Selain itu, mengonsumsi tomat merupakan pengobatan alami untuk kolesterol tinggi dan merupakan sumber serat yang baik.

Terima kasih sudah membaca artikel 8 Minuman Sehat Pendukung Program Penurunan Berat Badan, Semoga bermanfaat

eXTReMe Tracker