Buah Nanas, Si Kuning Kaya Manfaat

Buah nanas (Ananas comosus (L.) Merr.) yang berwarna kuning ini biasanya digunakan sebagai campuran es buah atau rujak. Buah nanas berasal dari Brazil, Bolivia, dan Paraguay.
Nama ‘nanas’ berasal dari kata: anana, yang bermakna “buah yang sangat baik”. Makna itu tidak salah karena buah nanas mengandung banyak vitamin mulai dari vitamin A, vitamin C, kalsium, magnesium, natrium, kalium, fosfor, dekstrosa, sukrosa dan enzim bromelain. Di samping itu buah nanas juga rendah lemak dan kolesterol. Berikut ini beberapa manfaat buah nanas untuk tubuh kita.

  • Enzim bromelain
    - Enzim bromelain pada nanas berkhasiat untuk antiradang.
    - Enzim ini juga membantu pencernaan di lambung. Makan satu potong nanas setelah makan akan mengurangi gas, kembung, mual, sembelit dan gejala sindrom iritasi usus besar.
    - Selain itu, enzim bromelain menghambat pertumbuhan sel kanker dan mencegah penggumpalan darah.
    - Enzim Bromelain pada nanas juga dianggap sebagai anti inflamasi yang efektif. Konsumsi secara teratur setidaknya satu setengah cangkir nanas segar harian diakui dapat meringankan nyeri sendi pada osteoarthritis. Di Jerman, bromelain disetujui sebagai obat pasca-cedera karena sifat inflamasi dan dapat mengurangi pembengkakan, mengurangi inflamasi hidung dan memecah lendir di hidung, sinus dan daerah pernapasan.
    - Enzim bromelain yang ditemukan dalam nanas, juga dapat membantu menekan batuk dan melonggarkan lendir.
    - Bromelain telah terbukti bermanfaat untuk infeksi saluran pernapasan bagian atas seperti sinusitis dan bronkitis.
  • Kandungan serat dalam nanas terbilang tinggi dan cocok sebagai obat untuk sembelit sehingga nanas dapat menjadi obat pencahar bagi mereka yang sulit buang air besar.
  • Jus nanas segar juga membantu dalam menghilangkan cacing usus.
  • Membantu membangun tulang yang sehat.
    Nanas kaya mangan, mineral yang diperlukan bagi tubuh untuk membangun tulang dan jaringan ikat. Hanya satu cangkir nanas memberikan 73 persen dari jumlah yang disarankan harian mangan. Manfaat nanas dapat mempengaruhi pertumbuhan tulang pada orang muda dan penguatan tulang pada orang tua.
  • Baik untuk gigi
    Gusi memegang gigi pada tempatnya dan gigi akan berada dalam kondisi yang buruk jika Anda memiliki gusi tak sehat. Dengan makan nanas, Anda memperkuat gusi selama bertahun-tahun kemudian.
  • Nanas juga baik dikonsumsi saat sedang sakit karena dalam nanas terkandung zat-zat yang dapat membantu menyerap obat ke dalam tubuh.
  • Mencegah degenerasi makula
    Nanas mengandung banyak beta karoten yang baik untuk mata dan penglihatan. Studi menunjukkan bahwa makan tiga atau lebih porsi nanas sehari dapat menurunkan kesempatan mendapatkan degenerasi makula yang berkaitan dengan usia, penyebab utama kehilangan penglihatan pada orang tua.
  • Nanas dapat mengangkat sel kulit mati. Salah satu contohnya adalah enzim dalam daun dan buah nanas dapat mengangkat jaringan kulit yang mati akibat luka bakar. Caranya adalah dengan menumbuk beberapa helai daun nanas yang telah dicuci bersih, kemudian dibalurkan pada bagian kulit yang iritasi karena gatal, bisul, atau luka bakar.
  • Radang tenggorokan, perut kembung, radang kulit hingga memar dapat dibantu penyembuhannya dengan buah nanas.
  • Mengurangi risiko penggumpalan darah dan penyakit jantung
  • Nanas dapat membantu mengurangi risiko bekuan darah, dengan demikian juga mencegah terjadinya masalah pada jantung.
  • Melangsingkan Tubuh
    Selain manfaat yang telah disebutkan di atas, ternyata nanas dapat membantu melangsingkan tubuh. Caranya dengan meminum air sari nanas yaitu dengan membuat jus atau memarut nanas dan peras airnya. Agar air sari nanas didapatkan secara maksimal, peras dengan menggunakan potongan kain bersih. Minum air sari nanas dua kali sehari.

Terima kasih sudah membaca artikel Buah Nanas, Si Kuning Kaya Manfaat, Semoga bermanfaat

eXTReMe Tracker