Diet dengan Minum Teh Untuk Cegah Resiko Diabetes

Bagi anda yang memiliki resiko terkena penyakit diabetes karena obesitas, anda dapat mencoba dengan diet minum teh.

Sebuah riset terbaru tentang manfaat minum teh untuk menurunkan resiko diabetes tipe 2 telah ditemukan. Tetapi minum teh untuk mencegah resiko diabetes ini harus dilakukan 4 cangkir atau lebih setiap harinya.

Penyebab terkena diabetes paling utama adalah karena obesitas penyebab lainnya karena makanan. Penelitian manfaat teh terhadap resiko diabetes ini telah dilakukan oleh Tim peneliti dari Leibniz Center untuk Penelitian Diabetes di Heinrich Heine University Duesseldorf, Jerman.

Tim peneliti yang dipimpin oleh Christian Herder ini menunjukkan konsumsi teh dikaitkan dengan insiden lebih rendah dari diabetes tipe 2. “Konsumsi teh dapat menurunkan resiko diabetes tipe 2 dengan memengaruhi pencernaan glukosa, penyerapan glukosa, dan dengan melindungi sel beta dari kerusakan radikal bebas. Efek menguntungkan ini mungkin disebabkan oleh kandungan polifenol dalam teh,” jelas Herder.

Christian Herder juga menambahkan “Minum sedikitnya empat cangkir teh per hari dikaitkan dengan 20 persen resiko lebih rendah, sedangkan minum satu sampai tiga cangkir per hari tidak menurunkan resiko diabetes dibandingkan dengan mereka yang bukan peminum teh.”

Dikarenakan belum dapat diketahui secara pasti apakah benar jumlah asupan teh yang mempengaruhi penurunan resiko diabetes, Herder pun melakukan riset kepada 26 pusat penelitian di delapan negara Eropa, dan terdiri dari 12.403 insiden kasus diabetes tipe 2 ditambah ribuan relawan lain yang tidak memiliki penyakit.

Jadi kesimpulan terakhir yang diungkapkan Herder adalah efek perlindungan teh hanya terbatas untuk mereka yang mengonsumsi teh dalam jumlah paling tinggi.

Terima kasih sudah membaca artikel Diet dengan Minum Teh Untuk Cegah Resiko Diabetes, Semoga bermanfaat

eXTReMe Tracker