Beberapa Cara Ampuh Mengatasi Ruam Popok Pada Kulit Bayi

Saat ini dengan adanya popok sekali pakai sangat membantu para orang tua. Penggunaannya yang sangat praktis adalah alasan utama banyaknya orang tua yang memilih menggunakan popok jenis ini. Tapi jangan salah, penggunaan popok sekali pakai juga memiliki kelemahan yaitu berisiko menyebabkan ruam popok pada kulit bayi, terutama jika bayi anda memiliki kulit yang sensitif.

Ruam popok pada bayi adalah sebuah gejala iritasi pada kulit bayi yang ditandai dengan ruam kemerahan. Saat bayi berusia di bawah 15 bulan lapisan terluar kulitnya masih sangat tipis dan rentan terhadap iritasi dan mengalami ruam. Gejala ruam popok antara lain kemerahan, kulit bengkak pada bagian bokong, paha, dan alat kelamin.

Penyebab ruam popok adalah karena iritasi misalnya penggunaan popok yang terlalu ketat, deterjen yang digunakan untuk mencuci popok kain, tisu bayi, dan beberapa merk popok sekali pakai yang menahan kelembapan. Iritasi akan semakin berkembang jika ruam terkontaminasi feses maupun urine bayi.

Bila bayi anda sudah terlanjur terkena ruam popok, berikut ini ada beberapa cara ampuh untuk mengatasi ruam popok pada kulit bayi.

1. Sering Mengganti Popok

Gantilah popok bayi sesering mungkin agar pantat bayi tetap kering dan bersih. Beberapa dokter anak merekomendasikan untuk mengganti popok beberapa jam sekali agar kulit yang teriritasi tetap kering dan dapat bernapas.

2. Tidak memakaikan popok beberapa menit pada bayi

Agar ruam popok cepat sembuh, biarkan bayi anda tidak menggunakan popok selama beberapa menit.

3. Menggunakan Krim Pereda Ruam

Anda dapat menggunakan krim pereda ruam pada bayi. Krim pereda ruam mengandung petroleum jelly atau zinc oxide digunakan setiap mengganti popok. Atau dapat juga dengann mengoleskan gel aloe vera pada kulit yang memiliki ruam agar kulit tetap lembap.

4. Tidak Menggunakan Bedak

Saat bayi tidak mengalami ruam popok, bedak sangat membantu agar kulitnya tetap kering dan lembut. Tetapi saat bayi sudah terkena ruam, penggunaan bedak hanya akan memperburuk kondisinya.

5. Hindari Mencuci Popok dengan detergen atau sabun yang mengandung parfum.

6. Bersihkan pantat bayi dengan sabun yang lembut dan air hangat, bukan tissue basah.

7. Saat mengganti popok pastikan pantat bayi dalam keadaan benar-benar kering.

8. Segera Ke Dokter

Bila segala usaha sudah anda coba di rumah dan ruam pada bayi tidak kunjung sembuh, segera konsultasikan dengan dokter. Waspadai ruam popok yang disertai demam, bisul, atau ruam yang menyebar ke daerah lain, seperti lengan, wajah, atau kulit kepala.

Dalam kasus yang parah, bayi mungkin memerlukan pengobatan dengan obat topikal atau obat resep oral seperti antibiotik, antijamur, atau kortikosteroid.

Itulah beberapa tips untuk mengatasi ruam popok pada kulit bayi. Selamat mencoba!

Terima kasih sudah membaca artikel Beberapa Cara Ampuh Mengatasi Ruam Popok Pada Kulit Bayi, Semoga bermanfaat

eXTReMe Tracker