Olahraga Untuk Meredam Rasa Marah

Pada hari-hari tertentu saat mood tidak baik kita cenderung merasa tidak nyaman. Apalagi memiliki banyak masalah, banyak hal yang kita pikirkan terkadang menjadi pemicu kita untuk marah-marah. Dalam kondisi marah kita tidak bisa berpikir positif, dan membuat kita tidak bahagia.

Banyak cara yang disarankan untuk meredakan marah dan menenangkan diri dari rasa marah. Ada yang menyarankan untuk berteriak di suatu tempat, menghela nafas, dan cara lainnya. Bila cara itu sudah tidak ampuh, anda dapat mencoba untuk olahraga ringan kalau sedang marah.

Suasana hati kita sangat dipengaruhi oleh kadar hormon serotonin. Hormon serotonin adalah suatu zat kimia yang berkaitan dengan kemarahan dan agresifitas dan berfungsi menenangkan suasana hati. Apabila kadar hormon serotonin ini rendah, maka tubuh tidak akan bisa menenangkan mood, saat itulah kita cenderung cepat marah.

Tidak hanya cokelat yang mengandung alkaloid-alkaloid seperti teobromin, fenetilamina, dan anandamida yang dapat meningkatkan serotonin dalam otak. Saat berolahraga atau melakukan aktivitas fisik seperti bersepeda, jalan-jalan atau jogging, juga dapat meningkatkan kadar serotonin di dalam otak.  Serotonin atau 5-hydroxytryptamine adalah hormon yang berfungsi mengirimkan sinyal antar sel saraf. Perubahan kadar serotonin di otak dapat mengubah mood seseorang. Perlahan-lahan tubuh akan tenang dan keinginan untuk marah pun berkurang.

Terima kasih sudah membaca artikel Olahraga Untuk Meredam Rasa Marah, Semoga bermanfaat

eXTReMe Tracker